Senin, 27 Mei 2019

KHASIAT DAUN SALAM

DAUN SALAM

Orientasi
v Khasiat Daun Salam untuk Asam Urat
Asam urat yaitu sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi atau hasil samping dari pemecahan sel dalam darah. Kadar normal asam urat yaitu 2,4-6 untuk wanita dan untuk oria 3,0-7. Penyakit asam urat ini merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan serangan mendadak dan berulang dari artritis yang terasa sangat nyeri karena adanya endapan kristal monosodium urat, yang terkumpul di dalam sendi sebagai akibat dari tingginya kadar asam urat di dalam darah.

Pada keadaan normal, asam urat akan dikeluarkan dalam tubuh melalui feses dan urine, tetapi karena ginjal tidak akan mampu mengeluarkan asam urat yang ada, dan akan menyebabkan kadar akan meningkat dalam tubuh. Hal ini yang dapat meningkatkan kadar asam urat kita yang terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak purin. Asam urat yang berlebih selanjutnya akan terkumpul pada persendian sehingga akan menyebabkan rasa nyeri dan bengkak.

Daun salam yaitu rempah-rempah yang pada umunya digunakan sebagai membuat semua masakan, karena daun salam ini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan asam urat seperti untuk menghilangkan rasa nyeri yang muncul pada tengah malam yang akan menyerang pada persendian ibu jari kaki. Karena daun salam ini sangat baik sekali bagi penderita asam urat tak lepas dari kandungan zat yang berada di dalam daun salam ini. Bagi yang menderita penyakit asam urat, mengetahui kandungan zat yang berada dalam daun salam ini. Mereka tentunya tidak akan merasa ragu lagi untuk memanfaatkan daun salam tersebut. 

Manfaat daun salam untuk mengobati asam urat ini sangat baik sekali karena mengandung kalori, karbohidrat, serat, mineral, dan banyak orang yang membuktikan bahwa daun salam ini dapat membantu untuk menyembuhkan penyakit asam urat dengan membuat minuman dari daun salam. Dan di dalam daun salam ini terdapat kandungan antioksidan, flavonoid, asam larut dan vitamin A dan vitamin C. Karena senyawa tersebut dapat membantu dalam menurunkan kadar gula darah, kolesterol, asam urat.

v Dibawah ini ada cara membuatnya yaitu sebagai berikut :
Pertama siapkan dulu 10 lembar daun salam dan 2 gelas air 
Kemudian cuci daun salam tersebut sampai bersih 
Lalu rebus daun salam tersebut dengan 2 gelas air 
Kemudian setelah tersisa menjadi setengahnya angat dan tiriskan
Minumlah ramuan daun salam tersebut dengan secara teratur sebanyak 2 kali sehari

v Daun Salam, Ramuan Alami yang Manjur Sembuhkan Asam Urat
Asam urat adalah produk limbah alami dari pencernaan makanan yang mengandung purin. Purin ditemukan dalam kadar tinggi pada beberapa makanan, seperti daging tertentu, ikan sarden, kacang-kacangan kering, bir, dan purin juga bisa terbentuk serta dipecah dalam tubuh kita.

Biasanya tubuh menyaring asam urat melalui ginjal dan urine. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak purin dalam makanan sehari-hari, atau jika tubuh tidak dapat lagi membuang produk sampingan ini dengan cukup cepat, asam urat tersebut dapat menumpuk di dalam darah.
Tingkat asam urat yang tinggi dikenal sebagai hiperurisemia. Yang mana dapat menyebabkan penyakit yang disebut gout (encok), mengakibatkan persendian menjadi sangat sakit, yang mengakumulasi kristal-kristal urat. Selain itu juga bisa membuat darah dan urine menjadi terlalu asam.

v Cara Alami Mengobati Asam Urat yang Manjur dengan Daun Salam
Asam urat adalah produk limbah alami dari pencernaan makanan yang mengandung purin. Purin ditemukan dalam kadar tinggi pada beberapa makanan seperti:
daging tertentu
ikan sarden
kacang-kacangan kering
Bir
Purin juga bisa terbentuk dan dipecah dalam tubuh kita.

Biasanya tubuh menyaring asam urat melalui ginjal dan urin. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak purin dalam diet makanan sehari-hari, atau jika tubuh tidak dapat lagi membuang produk sampingan ini dengan cukup cepat, asam urat tersebut dapat menumpuk di dalam darah.

Tingkat asam urat yang tinggi dikenal sebagai hiperurisemia. Yang mana dapat menyebabkan penyakit yang disebut gout (encok), mengakibatkan persendian menjadi sangat sakit yang mengakumulasi kristal-kristal urat. Selain itu juga bisa membuat darah dan urin menjadi terlalu asam.
Asam urat dapat terkumpul dalam tubuh karena berbagai penyebab. Beberapa di antaranya adalah:
*      diet (pola makan)
*      genetika
*      obesitas atau kelebihan berat badan
*      Stres
*      Gangguan kesehatan tertentu juga dapat menyebabkan kadar asam urat tinggi:
*      penyakit ginjal
*      diabetes mellitus
*      hipotiroidisme
*      beberapa jenis kanker atau kemoterapi
*      psoriasis
*      Cara alami untuk menyembuhkan asam urat
*    Batasi makanan kaya purin

Anda dapat membatasi sumber asam urat yang terdapat dalam makanan. Makanan kaya purin termasuk beberapa jenis daging, makanan laut, dan sayuran. Semua makanan ini mengeluarkan asam urat saat dicerna. Hindari atau kurangi asupan makanan seperti:
*      daging organ (jeroan)
*      Babi
*      Kalkun
*      ikan dan kerang-kerangan
*      Scallop
*      daging domba
*      Daging sapi muda
*      kol bunga
*      kacang hijau
*      kacang kering
*      jamur
*      Minuman atau makanan yang manis-manis

Intinya penderita asam urat, untuk sementara waktu makannya harus tarak. Untuk membantu mempercepat kesembuhan, bisa membuat ramuan alami dari daun salam. Yang terkenal ampuh dalam mengobati asam urat secara alami. Berikut cara membuatnya:

Bahan :
Daun salam (syzigium polyanthum) 10 lembar
Cara membuat :
Daun salam dicuci dan direbus dengan air sebanyak 400 cc hingga mendidih dan tersisa separuh.
Saring dan minum selagi masih hangat. Dosisnya bisa 1 – 2 kali sehari, pagi dan sore.

Obati Asam Urat Dan Kolesterol Dengan Daun Salam
Bagi Anda yang sering memasak, daun salam mungkin adalah salah satu jenis bumbu yang sudah tak asing lagi. Namun, Ladies, apakah Anda sudah mengetahui kalau daun salam tak hanya baik dalam menyedapkan masakan, namun juga dalam menyembuhkan beberapa penyakit? Beberapa penyekit yang dapat ditangani oleh daun salam ini adalah penyakit asam urat dan kolesterol tinggi.

Cara memanfaatkan daun salam sebagai obat penyakit asam urat datang dari situs jamuasamuratherbal.blogspot.com. Untuk membuatnya, bahan yang perlu Anda persiapkan tidak banyak dan juga tidak mahal, loh. Anda cukup menyiapkan 10 hingga 15 lembar daun salam segar (jika tidak ada, Anda dapat menggunakan daun salam kering) dan 3 gelas air.
Pertama-tama, cuci daun salam segar hingga bersih, kemudian rebus dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih hingga airnya hanya tinggal tersisa 1 gelas saja. Anda pun dapat meminum air rebusan daun salam ini 2 kali sehari dengan masing-masing ½ gelas saja.
Cara mengobati atau mengontrol kolesterol jahat berlebih dalam tubuh tercantum dalam situs manfaatdaunsalam.blogspot.com. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat ramuan obat kolesterol ini adalah 7 lembar daun salam, 30 gram daun ceremai, dan 600 cc air.
Untuk membuat ramuan ini, pertama-tama cuci bersih daun salam dan daun ceremai, dan rebus air hingga mendidih. Setelah air mendidih, masukkan kedua jenis daun tersebut. Rebus hingga air hanya tinggal tersisa setengahnya saja. Angkat dan biarkan hingga dingin. Anda pun dapat meminum air rebusan ini secara teratur setiap hari.
Oleh: Alfi

Daun salam untuk asam urat dan efek sampingnya
Asam urat merupakan hasil metabolisme protein didalam tubuh. Hyperuricemia merupakan kondisi dimana terdapat peningkatan asam urat didalam tubuh. Asam urat sendiri dibuang melalui urin, tinja dan keringat.

Daun salam merupakan rempah - rempah yang biasanya digunakan dalam membuat semuah masakan yang termasuk kedalam tanaman herbal yang banyak memiliki manfaat diluar manfaatnya yang memberikan aroma kelezatan bagi masakan. Daun salam memiliki kandungan :
*      anti oksidan
*      flavonoid
*      salisilat
*      rutin
*      fitonutrein
*      vitamin a dan c
yang berfungsi dalam menurunkan kadar gula darah, kolesterol, asam urat, mengobati batu ginjal, hingga mengusir serangga.

Hingga saat ini belum ada penelitian yang akurat yang menyebutkan bahwa konsumsi daun salam dapat menyebabkan kulit menjadi gatal dan kering. Gangguan pencernaan memang dapat muncul, jika konsumsi daun salam dilakukan secara langsung dengan cara dikunyah atau ditelan langsung, karena strukturnya yang tidak dapat dicerna sehingga saat BAB tinja akan mengadung daun salam utuh, namun untuk waktu BAB yang berubah belum ada penelitian yang mendasar.

Pergeseran jadwal BAB dapat saja dipengaruhi oleh banyak hal, seperti makanan yang dikonsumsi, pengosongan lambung dan usus, dan sebagainya. Sedangkan kulit gatal dan kering mungkin dapat disebabkan karena udara yang terlalu kering (seperti akibat penggunaan AC dalam waktu lama) atau karena alergi serbuk sari yang terdapat di udara.

Selama tidak terdapat gangguan pencernaan lainnya, atau selama karakteristis tinja tidak berubah anda tidak perlu khawatir. Jika terdapat keluhan atau gejala lainnya, sebaiknya periksakan diri anda ke dokter, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
Artikel lain yang dapat anda baca "khasiat daun salam"
Semoga informasi ini bermanfaat :')
- dr. Lia N. Amalina

Daun Salam Utuk Mengobati Asam Urat
 Negara kita telah mengenal beberapa tanaman obat yang memang tumbuh dan diakui dapat digunakan sebagai alternatif penyembuhan asam urat seperti sambiloto, sidaguri, salam, kumis kucing, meniran dan anting-anting yang umumnya memiliki sifat diuretik (peluruh urin) secara farmakologis.

Namun jika anda sedang menjalani pengobatan modern, maka tidak dianjurkan bagi anda untuk menggunakan obat tradisional dalam waktu bersamaan, karena mungkin dapat menyebabkan kelebihan dosis sehingga justru akan membahayakan. Daun salam dikenal debagai bumbu masak yang mudah dijumpai di pasar-pasar. Daun ini memiliki keharuman khas yang memberikan keharuman cita rasa nusantara. Daun salam mengandung senyawa seperti minyak atsiri, tannin dan flavonoid.

Pohon salam dapat dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat, yaitu dengan merebus 10 lembar daun dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.

Manfaat Daun Salam untuk Menurunkan Kolesterol (Disertai 5 Khasiat Lainnya)
Salah satu masalah kesehatan yang sangat ditakuti oleh banyak orang adalah kolesterol tinggi, yang kemungkinan dapat mengancammasalah kesehatan lainnya seperti jantuna dan stroke. Masalah kesehatan ini mudah datang karena gaya hidup yang tidak sehat, khususnya dalam hal pola makan. Untuk menurunkan penyakit ini, Anda bisa mengonsumsi ramuan daun obat kolesterol, salah satunya daun salam.

Manfaat Daun Salam untuk Kolesterol Dalam Tubuh
Daun salam biasanya digunakan untuk bumbu masakan, namun daun beraroma khas ini juga berkhasiat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Menurut National Cancer for Biotechnology Information, untuk mendapatkan manfaat daun salam untuk kolesterol, minumlah air rebusan daun salam selama 30 hari berturut-turut. Jika dilakukan secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh hingga 20-24 persen.

Selain itu, mengonsumsi air rebusan daun salam dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) hingga 29 persen dalam tubuh. Tak hanya itu, tingginya kadar vitamin C, vitamin A, zat besi, kalsium, magnesium, asam caffeic, eugenol, katekin, dan quercetin juga bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Bagaimana cara membuat ramuan daun obat kolesterol ini?
Cara membuat obat tradisional kolesterol daun salam ini sangat mudah. Pertama, Anda hanya perlu menyiapkan 10 hingga 15 lembar daun salam yang sudah dicuci dengan air hingga bersih dan kemudian merebusnya dengan 3 gelas air.

Jika air yang tersisa tinggal sekitar satu gelas saja, segera matikan kompor dan kemudian saring air rebusan daun salam. Biarkan hingga dingin dan air ini pun siap untuk dikonsumsi di malam hari.
Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan Lainnya

Selain manfaat daun salam untuk kolesterol, daun obat kolesterol ini juga bisa  memberikan manfaat kesehatan lainnya, di antaranya:
1. Mengatasi asam urat
Daun penurun kolesterol ini juga dapat mengobati asam urat. Caranya, konsumsilah air rebusan yang dibuat dari 10 daun salam dan 700 cc air saat masih dalam kondisi hangat, berkhasiat mengatasi penyakit asam urat.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh
Daun salam kaya akan berbagai macam vitamin, khususnya vitamin C yang akan membuat daya tahan tubuh meningkat sehingga Anda pun tidak akan mudah jatuh sakit.

3. Baik untuk diet
Tak disangka, mengonsumsi air rebusan daun salam yang terbuat dari 20-30 helai dan 4 gelas air secara rutin setiap hari ternyata bisa membantu menurunkan berat badan. Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, cocok untuk menambahkan daun salam ke dalam setiap masakan, seperti sup, sayur asam, dan masakan lainnya yang berkuah.

4. Mengendalikan tekanan darah
Daun salam mengandung flavonoid yang mampu membantu tubuh mengendalikan tekanan darah. Cara merebus daun salam untuk penyakit ini cukup mudah, Anda hanya perlu menggunakan 10 lembar daun salam untuk kemudian direbus bersama dengan 3 gelas air. Rutin meminum air rebusan daun salam ini setidaknya sekali setiap hari, yang berkhasiat menurunkan tekanan darah dengan signifikan.

5. Mengatasi batuk
Jika Anda terkena batuk dan tidak kunjung sembuh, maka ada baiknya mencoba ramuan daun salam. Rebuslah 2 lembar daun salam dengan segelas air. Setelah didinginkan selama 10 menit, kita hanya perlu merendam kain bersih pada ramuan tersebut dan kemudian diusapkan kain ini pada dada. Cara ini dipercaya bisa meredakan batuk.

Meski manfaat daun salam untuk kolesterol beredar luas di masyarakat. Pakar kesehatan mengatakan, khasiat daun penurun kolesterol ini dibutuhkan penelitian lanjutan untuk dapat dibuktikan secara ilmiah.
Beberapa pakar kesehatan menyarankan, apabila kadar kolesterol Anda sudah sangat tinggi, ada baiknya segera mengonsumsi obat penurun kolesterol. Konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan obat penurun kolesterol ini.

Dosis daun obat kolesterol ini berbeda untuk setiap orang, karena tergantung dari kondisi kesehatan, umur dan beberapa kondisi lainnya. Penggunaan obat herbal tidak selalu aman digunakan. Oleh karena itu, konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat.

Agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap normal, beberapa hal lain yang juga tidak boleh dilewatkan adalah olahraga secara teratur, mengurangi konsumsi makanan-makanan terlalu manis dan asin.
Macam-macam Daun Penurun Kolesterol

Selain daun salam, berikut ini beberapa daun penurun kolesterol yang bisa Anda gunakan menjadi ramuan, di antaranya:
1. Daun sirih
Daun untuk menurunkan kolesterol yang pertama ini populer digunakan untuk antiseptik dan nyirih, yang ternyata bisa mengatasi kolesterol. Kadar kolesterol tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian telah menemukan bahwa daun sirih membantu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, kolesterol low-density lipoprotein (LDL) dan kolesterol very low-density lipoprotein  (VLDL).

Selain itu, daun sirih juga membantu meningkatkan kadar kolesterol high-density lipoprotein(HDL). Efek penurun lipid seperti daun sirih dikaitkan dengan kandungan eugenol, antioksidan alami yang menetralkan radikal bebas. Eugenol dapat menghambat biosintesis kolesterol di hati dan mengurangi penyerapan lipid dalam usus.

Kandungan dalam daun sirih juga dapat meningkatkan katabolisme kolesterol jahat (LDL). Kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi dimobilisasi dari plasma ke hati dan kemudian dihilangkan dalam bentuk asam empedu. Dengan demikian, melalui berbagai mekanisme daun sirih membantu menurunkan kadar lipid yang tinggi.

2. Daun bidara
Manfaat daun bidara untuk kolesterol karena mengandung senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang dipercaya mampu mencegah peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Penderita kolesterol tinggi direkomendasikan mengonsumsi air rebusan daun penurun kolesterol ini. Berdasarkan berbagai sumber, daun ini bahkan dapat mengatasi kolesterol dalam tingkat kronis sekalipun.

Caranya, tumbuklah 4-6 lembar daun bidara yang sudah dicuci dengan air hingga bersih, kemudian rebus hasil tumbukan dengan 300-400 ml air hingga mendidih. Jika sudah dingin, tuangkan pada gelas dan Anda bisa menambahkan sedikit gula atau madu untuk mengurangi rasa pahit.

Anda juga bisa meminum air rebusan untuk kolesterol tersebut tanpa pemanis. Untuk menghilangkan rasa pahit, segera minum air putih setelahnya.

3. Daun tanaman artichoke
Daun tanaman artichoke adalah kuncup bunga yang bisa dikonsumi. Tanaman bernama cynara cardunculus var. scolymus ini mengandung serat yang sangat unik. Senyawa tersebut dapat menghambat penyerapan kolesterol oleh tubuh, yang akan mengurangi produksi senyawa LDL.

Satu studi klinis menunjukkan bahwa tanaman yang dibudidayakan di Italia, Mesir, dan Spanyol ini memainkan peran penting dalam mengelola hiperkolesterolemia ringan di antara orang yang kelebihan berat badan. Mereka yang mengonsumsi daun tanaman artichoke selama 8 minggu mengalami peningkatan kolesterol baik (HDL), menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan kadar kolesterol total keseluruhan.

4. Daun sambiloto
Kolesterol tinggi – terutama LDL adalah faktor risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit Alzheimer. Menurut Jurnal Kesehatan Vaskular dan Manajemen Risiko, edisi Februari 2008, daun sambiloto dapat mengurangi kolesterol jahat dan total. Percobaan pada hewan, suplemen dengan ekstrak daun sambiloto dapat mengurangi kolesterol LDL hingga 50 persen dan meningkatkan
  
5. Green tea
Teh hijau atau grean tea dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Kolesterol baik dapat mengurangi kolesterol jahat dari arteri dan mencegah aterosklerosis (penebalan arteri). Arteri yang tersumbat akibat aterosklerosis dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

6. Daun seledri
Daun untuk menurunkan kolesterol berikutnya adalah daun seledri. Serat seledri dapat membantu menurunkan kadar kolesterol karena mengurangi kelebihan senyawa kolesterol dalam usus dan mendorongnya keluar melalui proses eliminasi.

Penelitian tentang hubungan antara seledri dan kolesterol pada manusia terbatas, tetapi penelitian pada hewan menunjukkan hasil yang menjanjikan. Sebuah studi University of Chicago yang terbitkan oleh The New York Times menemukan bahwa bahan kimia dalam seledri yang disebut phthalide mengurangi kadar kolesterol jahat sebesar 7 persen dan tekanan darah sebesar 14 persen.

Phthalide dapat menurunkan hormon stres dalam darah, memungkinkan pembuluh darah mengembang dan rileks dan membiarkan lebih banyak darah mengalir ke seluruh tubuh. Studi lain yang diterbitkan dalam Pharmacognosy Magazine, mengamati ekstrak biji seledri pada tikus. Disimpulkan bahwa seledri bermanfaat dalam menurunkan kolesterol LDL (jahat), trigliserida, dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

Sementara satu studi yang dilakukan pada manusia, yang diterbitkan Natural Medicine Journal, mengamati ekstrak biji seledri yang diberikan kepada pasien hipertensi ringan hingga sedang selama enam minggu dan melihat penurunan tekanan darah.

Itulah macam-macam daun penurun kolesterol yang bisa Anda olah menjadi ramuan atau pengobatan herbal di rumah. Selamat mencoba, Teman Sehat!

Sumber : Google Wikipedia

2 komentar:


  1. ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus
  2. numpang promote ya min ^^
    bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

KABUPATEN MOROWALI UTARA PROVINSI SULAWESI TENGAH

  KABUPATEN MOROWALI UTARA PROVINSI SULAWESI TENGAH Orientasi Kabupaten Morowali Utara ( bahasa Inggris :  North Morowali Regency ...