Senin, 22 Oktober 2018

KISAH PANGERAN JAYAKARTA


KISAH PANGERAN JAYAKARTA

Orientasi
Pangeran Jayakarta adalah nama seorang penguasa kota pelabuhan Jayakarta, yang menjabat sebagai wakil dari Kesultanan Banten. Kekuasaan Banten atas wilayah ini berhasil direbut oleh Belanda, setelah Pangeran Jayakarta dikalahkan oleh pasukan VOC di bawah pimpinan Jan Pieterszoon Coen pada tanggal 30 Mei 1619.

Asal Usul
Asal usul Pangeran Jayakarta masih samar. Dalam situs internet Pemerintah Jakarta Timur disebutkan, Pangeran Jayakarta adalah nama lain dari Pangeran Achmad Jakerta, putra Pangeran Sungerasa Jayawikarta dari Kesultanan Banten. Namun ada juga yang menganggap Pangeran Jayakarta adalah Pangeran Jayawikarta. Menurut Hikayat Hasanuddin dan Sajarah Banten Rante-rante yang disusun pada abad ke-17 (yaitu sesudah Sajarah Banten, 1662/3), Pangeran Jayakarta atau Jayawikarta adalah putra Tubagus Angke dan Ratu Pembayun, puteri Hasanuddin, anak Sunan Gunung Jati.  Menurut Adolf Heukeun SJ dalam buku Sumber-sumber Asli Sejarah Jakarta Jilid II, silsilah ini tidak sesuai dengan sumber-sumber sekunder lain karena sumber-sumber yang digunakan oleh hikayat mengandung banyak cerita dongeng.

Peran Politik di Banten
Pada tahun 1596 Pangeran Muhammad, penguasa Banten ketiga, gugur waktu menyerang Palembang. Putera satu-satunya ialah Abdul Kadir, yang baru berusia lima bulan. Maka dipilihlah seorang mangkubumi yang sekaligus menjadi wali putera itu. Tetapi mangkubumi ini wafat pada tahun 1602. Maka ibu putra mahkota menjadi wali dan menikah dengan mangkubumi yang ketiga. Karena ayah tiri disayang putera mahkota Banten dan dihormati rakyat, maka para pangeran menjadi iri dan memberontak. Pangeran dari Jayakarta datang dengan banyak bawahannya sehingga pemberontak mengalah dan berdamai.

Pangeran Jayakarta, Membumihanguskan Sunda Kelapa
Ia seorang panglima yang mampu mengusir Portugis dari Sunda Kelapa. Juga seorang Ulama Muda yang berhaasil mensyiarkan Agama Islam lebih marak di Tanah Jawa. Awal abad ke 16, seorang Ulama Muda asal Samudera Pasai baru saja pulan dari Mekkah. Seperti pemuda Aceh lainnya, ia tidak bisa lagi menginjakkan kakinya ditanah kelahirannya, untuk menyebarkan agama Islam. Pasalnya, Portugis sangat ketat mengawasi masyarakat bumiputra yang mensyiarkan agama Islam, lebih-lebih yang baru kembali dari tanah suci. Ulama muda itu adalah Fadhilah Khan, orang Portugis mengucapkannya dengan nama Fatahillah atau Falatehan.

Portugis memang berbeda dengan Belanda, tidak ingin ajaran Islam makin meluas. Mereka khawatir, melalui ajaran-ajaran Islam yang mulai banyak dianut, akan tumbuh semangat persatuan, antar kerajaan kecil, yang pada gilirannya akan berhimpun menjadi sebuah kekuatan besar. Untuk itu, tidak ada sebuah celah sedikitpun yang disisakan Portugis bagi upaya meluasnya hubungan antara satu kerajaan dengan kerajaan lainnya. Demikian pula terhadap kedatangan tokoh agama, seperti tokoh ulama muda Fadhilah Khan.

Namun niat, tekad, dan semangat pemuda ini untuk mensyiarkan agama Islam, tidak mengendur sedikitpun. Sebelum berangkat ke Mekah, ia sudah tahu jalinan hubungan baik antar kerajaan Samudera Pasai dan Kerajaan Demak di Jawa. Ia berpikir, kelak jika tidak bisa masuk ke tanah kelahirannya usai menuntut ilmu di Mekah, ia bertekad menuju Demak. Pada masa itu hanya ada tiga kekuatan Islam yang tumbuh dan berkembang di tanah Jawa, yaitu Demak, Banten, dan Cirebon, di wilayah Utara Jawa Barat. Tetapi setelah dipertimbangkan Fatahillah memilih singgah lebih dulu di kerajaan Cirebon sebelum ke kerajaan Demak, sebab kerajaan ini dianggap paling aman. Kekuasaan Portugis di wilayah ini kurang kuat. Armadanya hanya mondar-mandir dari Sunda Kelapa ke pelabuhan Cirebon tanpa menetap.

Tanpa banyak rintangan, Fatahillah berhasil menyusup ke Cirebon. Saat itu syiar Islam sudah cukup marak di daerah ini. Berkat kehadiran Sunan Gunung Jati dan Syekh Siti Jenar kehadiran Fatahillah tentu saja menambah semangat perjuangan. Bersama Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati, ia mensyiarkan agama Islam di tanah Sunda ini, bahkan ia sempat menjadi warga kehormatan di kerajaan Cirebon. Cukup lama pemuda Aceh ini menetap di Cirebon. Ia menikah dengan Ratu Ayu, anak pasangan Syarif Hidayatullah dan Nyai Kawunganten asal Banten. Istri Fatahillah kemudian dikenal dengan nama Putri Wulung Ayu.

Setelah cukup lama menyebarkan agama Islam di Jawa Barat bersama sang mertua, niat utama Fatahillah untuk menuju Demak akhirnya tercapai juga. Itu dimungkinkan karena Kharisma dirinya yang telah lebih dulu masuk ke Demak. Sultan Trenggana yang memimpin kerajaan Demak, sangat senang atas kehadiran Fatahillah. Ia merasa memperoleh petujuk dari Allah SWT tentang figur yang cocok untuk memimpin serangan  ke Sunda Kelapa, kota pelabuhan terpenting bagi kerajaan Hindu, Pajajaran (Bogor). Munculnya Fatahillah dapat memperkuat jajaran pertahanan Islam di wilayahnya sehingga Demak dapat menyerang Sunda Kelapa bersama sisa pasukan Pangeran Laut.

Dalam waktu singkat, Fatahillah mulai dikenal masyarakat sebagai ulama muda yang berpengaruh dengan pikiran yang cemerlang. Sultan Trenggana memperlakukannya seperti saudara kandung, bukti kasih dan sayang Sultan Demak ini diwujudkan dengan menikahkan Fatahillah dengan adik perempuannya, putri Pamboya atau Ratu Ayu Pembayun. Sultan Trenggana tahu, Fatahillah telah mempunyai isteri di Cirebon, tapi perkawinan Fatahillah dengan adiknya itu tidak akan memperkeruh suasana, bahkan akan memperkuat hubungan keislaman dan jalinan persaudaraan dengan Cirebon. Sang mertua, Sunan Gunung Jati malah merestui pernikahan itu.

Sultan Trenggana memberikan persetujuan terhadap rencana Fatahillah untuk mengusir Portugis yang bercokol di tanah Sunda atau Sunda Kelapa. Tapi sebelumnya ia akan mensyiarkan Islam di Banten dan menselaraskan pandangan dengan adik iparnya, Sultan Hasanuddin atau Pangeran Sabakingking, yang memerintah Banten. Bagi Fatahillah penyelarasan pandangan dengan kesultanan Banten itu sangat penting. Sebab ia khawatir, Banten akan jalan sendiri menyerang Portugis.

Fatahillah juga meningkatkan hubungan dengan Kesultanan Banten, seperti halnya dengan Cirebon dan Demak. Eratnya hubungan itu hingga sampai pada pengganti Sultan Maulana Hasanuddin, yaitu Sultan maulana Yusuf, putra Sultan Maulana Hasanuddin. Fatahillah berhasil memperluas wilayahnya sampai Grogol dan Slipi di Jakarta Barat. Wilayah Pulo Gadung sampai Jatinegara di Jakarta Timur Sekarang. Wilayah Pasar Minggu, Depok hingga Bogor diluar Jakarta Selatan, serta wilayah Cilincing di wilayah Jakarta Utara. Dalam masalah birokrasi, kekuasaan tertinggi berada di tangan Adipati sebagai penguasa yang memperoleh otonomi dari Demak. Dengan otonomi yang sangat luas itu termasuk dengan hal yang berkenaan dengan transaksi perniagaan dan pengembangan kota.

Fatahillah membangun masjid yang cukup besar di Muara Sungai Ciliwung, yang dikenal dengan masjid Luar Batang, sebagai tempat berkumpulnya para ulama yang sebelumnya datang ke masjid agung para wali di Demak. Fatahillah memperkuat tahta dengan bersama empat Pangeran pembantu setianya, Pangeran Wijayakrama, dan Arya Adikara asal Banten, Wijaya Kusuma asal Demak, serta Pangeran Zakaria. Arya Adikara adalah putra Wijayakrama yang sebelumnya bernama Kawis Adimarta. Sedang Wijayakrama adalah putra Ki Tubagus Angke yang pernah mempin serangan Sunda Kelapa.

Keempat pangeran itu sengaja diberi julukan yang sama dengan julukan Fatahillah, yaitu Pangeran Jayakarta, untuk mengelabui Belanda. Fatahillah mempercayakan kepada keempat Pangeran yang dikepalai oleh Pangeran Zakaria untuk mengatur kekuasaan berikutnya di Jayakarta sebelum akhirnya ia sendiri menghilang entah kemana. Fatahillah juga merahasiakan pengangkatan keempat Pangeran ini, agar perjuangannya melawan penjajah bisa terus bergema. Rahasia itu berhasil dijaga para pengikut setianya untuk waktu yang cukup lama, sehingga banyak pihak terkecoh dan kecewa. Belanda menduga, Pangeran Jayakarta tetap hidup dan menjadi bayangan yang sangat menakutkan. Berita-berita kematian Pangeran Jayakarta tidak dipercaya.
Di kalangan rakyat, kematian Fatahillah tetap menjadi sesuatu yang misterius hingga terjadi serangan Belanda. Sampai saat ini rakyat hanya mengenal satu makam Fatahillah alias Pangeran Jayakarta, yaitu di bilangan Jatinegara Kaum, Jakarta Timur. Namun sebagian ahli sejarah menyatakan, makam itu bukan makam Fatahillah, melainkan makam Pangeran Zakaria.
Pada 1620, sebelum kejayaannya berakhir, Pangeran Zakaria membangun sebuah masjid di kawasan yang sekarang ini disebut Jatinegara Kaum. Masjid yang awalnya seluas 100 meter persegi itu merupakan tempat pertahanan Pangeran Jayakarta. Kepada keluarganya ia minta agar merahasiakan keberadaannya. Tempat itu menjadi komunitas untuk menyiarkan agama Islam, termasuk warga Jatinegara Kaum.

Pembukaan kawasan itu terjadi pada 1619 ketika Jayakarta jatuh ke tangan Belanda. Pangeran Jayakarta bersembunyi di area hutan Jati dan menyusun kekuatan untuk menghadapi Belanda. Demikian pentingnya tempat persembunyian ini, sampai-sampai penduduk Jatinegara Kaum dilarang menikah dengan orang di luar komunitas tersebut, sehingga kekeluargaan yang kental. Dan masjid yang semula tak bernama itu kemudian dikenal sebagai masjid Pangeran Jayakarta atau masjid Jatinegara Kaum.

Di komplek masjid yang sekarang luasnya 7.000 meter itu dimakamkan lima petinggi, yakni Pangeran Ahmad Djakerta, Lahut Djakerta, Soeria bin Pangeran Padmanegara, serta suami istri Ratu Rupiah putri dan Pangeran Sageri. Selebihnya adalah makam keluarga beserta kerabat yang masih keturunan Pangeran Jayakarta.

Menelusuri Jejak Pangeran Jayakarta
Pangeran Jayakarta merupakan orang yang paling dicari tentara VOC. Putera dari Kesultanan Banten ini pernah mengusir tentara VOC dari Banten. Sebagai orang yang paling dicari, kematian Pangeran Jayakarta hingga kini masih simpang siur. Setidaknya, ada beberapa versi yang mengatakan letak makam pangeran yang bernama lain Achmad Jacatra itu.Salah satu versi mengatakan Pangeran Jayakarta telah mati di sumur tua di daerah Angke ketika dikejar oleh tentara VOC. Pada saat itu, ditemukan jubah Pangeran Jayakarta di liang sumur. Sementara, versi yang lain mengatakan, setelah dinyatakan mati di sumur tua, wujud Pangeran Jayakarta ditemukan kembali di daerah Mangga Dua. Tetapi, banyak ahli sejarah yang meragukan kebenaran cerita-cerita tersebut. Berbagai cerita yang tersebar di masyarakat diyakini sudah bercampur dengan cerita hikayat yang syarat akan hal-hal fantasi.

Versi terakhir menjelaskan, ketika dikejar oleh tentara VOC, Pangeran Jayakarta beserta pengikutnya melipir ke selatan. Rombongan ini masuk ke sebuah tepian kali yang membelah hutan jati. Pangeran Jayakarta beserta pengikutnya kemudian membuka hutan dan di tempat tersebut dibangun sebuah masjid. Sebelum bernama As Salafiah, masjid tersebut bernama Masjid Pangeran Jayakarta, yang sengaja dibangun oleh pasukan Pangeran Jayakarta untuk menghimpun kekuatan kembali. Banyak yang mempercayai di tempat inilah Pangeran Jayakarta dimakamkan.
Makam Pangeran Jayakarta bersebelahan dengan Masjid As Salafiah, tepatnya di Jalan Jatinegara Kaum. Memasuki kawasan masjid, pengunjung akan melihat sebuah pendopo. Di pendopo yang berukuran 10x10 meter ini, terdapat lima makam. Salah satu makam tersebut merupakan makam Pangeran Jayakarta. Makam ini dapat dikenali dari tulisan Achmad Jacetra pada batu nisannya. Sementara di sebelahnya, terdapat makam Pangeran Lahut yang merupakan putera dari Pangeran Achmad Jacetra.

Untuk mengenang perjuangan Pangeran Jayakarta, pada ulang tahun Kota Jakarta ke-441, Gubernur Ali Sadikin meresmikan berdirinya Makam Pangeran Jayakarta. Kemudian, pada 1999, berdasarkan Perda Khusus Ibukota Jakarta No. 9, Makam Pangeran Jayakarta diangkat statusnya menjadi benda cagar budaya. Sebagai benda cagar budaya, segala bentuk perubahan harus meminta izin terlebih dahulu kepada pemerintah daerah. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keaslian makam.

Setiap hari selalu ada peziarah yang datang ke Makam Pangeran Jayakarta. Biasanya para mengunjung akan mengaji sambil berdoa mengharap berkah. “Peziarah yang datang tidak melulu dari Jakarta, terkadang ada peziarah yang sengaja datang dari Banten, bahkan dari Surabaya. Biasanya menjelang bulan puasa, peziarah makin ramai,” ungkap seorang penjaga makam. [AhmadIbo/IndonesiaKaya]

Sumber : Google Wikipedia
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KABUPATEN ASAHAN PROVINSI SUMATERA UTARA

    KABUPATEN ASAHAN PROVINSI SUMATERA UTARA Orientasi Asahan ( Jawi : اسهن ) adalah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi S...