KISAH WALISONGO SUNAN KALIJAGA
SUNAN KALIJOGA
Orientasi
Sunan Kalijaga (Susuhunan Kalijaga) adalah seorang tokoh Walisongo, dikenal sebagai wali yang sangat lekat dengan muslim di Pulau Jawa, karena kemampuannya memasukkan pengaruh Islam ke dalam tradisi dan budaya Jawa. Makamnya berada di Kadilangu, Demak.
Masa hidup Sunan Kalijaga diperkirakan mencapai lebih dari 100 tahun. Dengan demikian ia mengalami masa akhir kekuasaan Majapahit (berakhir 1478), Kesultanan Demak, Kesultanan Cirebon dan Banten, bahkan juga Kerajaan Pajang yang lahir pada 1546 serta awal kehadiran Kerajaan Mataram dibawah pimpinan Panembahan Senopati. Ia ikut pula merancang pembangunan Masjid Agung Cirebon dan Masjid Agung Demak. Tiang "tatal" (pecahan kayu) yang merupakan salah satu dari tiang utama masjid adalah kreasi Sunan Kalijaga.
Silsilah
Terkait asal-usulnya, ada beberapa pendapat yang berkembang. Pendapat pertama, menyatakan Sunan Kalijaga orang Jawa asli keturunan Adipati Wengker (Ponorogo) yg juga ayah dari Aria Wiraraja, Pendapat ini didasarkan pada catatan historis Babad Tuban dan data keluarga besar keturunan Sunan Kali Jaga.
Di dalam babad tersebut diceritakan, Aria Teja alias 'Abdul Rahman berhasil mengislamkan Adipati Tuban, Aria Dikara, dan mengawini putrinya. Dari perkawinan tersebut Aria Teja kemudian memiliki putra bernama Aria Wilatikta. Catatan Babad Tuban ini diperkuat juga dengan catatan masyhur penulis dan bendahara Portugis Tome Pires (1468 - 1540).
Menurut catatan Tome Pires, penguasa Tuban pada tahun 1400M adalah cucu dari peguasa Islam pertama di Tuban yakni Aria Wilakita, dan Sunan Kalijaga atau Raden Mas Said adalah putra Aria Wilatikta.
Adapun pendapat yang kedua adalah menyatakan Sunan Kalijaga adalah keturunan arab. Pendapat kedua ini disebut-sebut berdasarkan keterangan penasehat khusus Pemerintah Kolonial Belanda, Van Den Berg (1845 – 1927), yang menyatakan bahwa Sunan Kalijaga adalah keturunan Arab yang silsilahnya sampai ke Rasulullah ﷺ. Sejarawan lain seperti De Graaf juga menilai bahwa Aria Teja I ('Abdul Rahman) memiliki silsilah dengan Ibnu Abbas, sepupu Rasulullah ﷺ.
Adanya tiga versi sejarah tentang Sunan Kalijaga, Tetapi yang dikembangkan hanya versi Jawa, sedang dua versi yang lain tidak pernah dijumpai secara tertulis, berarti telah terjadi distorsi tentang kisah anggota walisanga paling terkenal ini.
Asal-usul Sunan Kalijaga dari Versi Jawa :
1. Adipati Ponorogo
2. Arya Wiraraja atau Banyak Wide.
3. Arya Adikara atau Arya Ranggalawe.
4. Arya Teja I (Bupati Tuban).
5. Arya Teja II.
6. Arya Teja III.
7. Raden Sahur atau Tumenggung Wilatikta, (beristeri Dewi Nawang Arum)
8. Sunan Kalijaga.
Asal-usul Sunan Kalijaga dari Versi Arab :
1. Sayyidina Abbas (paman Rasulullah Muhammad SAW),
2. Sayyidina ibnu Abbas
3. Syekh Abdul Wahid Qornain.
4. Syekh Wahid Rumi.
5. Syekh Mudzakir Rumi
6. Syekh Khoromis
7. Syekh Abdullah
8. Syekh Abdur Rahman atau Arya Teja I.
9. Ronggo Tedjo Laku atau Syekh Zali atau Arya Teja II.
10. Aryo Tedjo atau Arya Teja III.
11. Raden Sahur.
12. Raden Syahid (Said) atau Sunan Kalijaga.
Asal-usul Sunan Kalijaga Versi China :
1. Adipati Ponorogo
2. Arya Wiraraja atau Banyak Wide
3. Arya Adikara atau Ranggalawe.
4. Arya Teja I (Bupati Tuban).
5. Arya Teja II.
6. Arya Teja III.
7. Nawang Arum, bersuami Raden Sahur (Tumenggung Wilatikta),
8. Sunan Kalijaga.
Kelahiran
Sunan Kalijaga diperkirakan lahir pada tahun 1450 dengan nama Santi Kusumo. Dia adalah putra empu Santi badra dan kakeknya bernama Badranala dan buyutnya bernama Maladresmi raja lasem yang bergelar Rajasawardana. Nama lain Sunan Kalijaga antara lain Lokajaya, Syekh Malaya, Pangeran Tuban, dan Raden Abdurrahman.Sunan kali jaga adalah adik dari DAN MPU AWANG (Santi Puspo/Sayid Abu Bakar ).dan sunan kali jaga adalah anak terkahir dari sepuluh bersaudara.
Wafat
Ketika wafat, ia dimakamkan di Desa Kadilangu, dekat kota Demak (Bintara). Makam ini hingga sekarang masih ramai diziarahi orang - orang dari seluruh indonesia
Pernikahan
Dalam satu riwayat, Sunan Kalijaga disebutkan menikah dengan Dewi Saroh binti Maulana Ishak, dan mempunyai 3 putra: R. Umar Said (Sunan Muria), Dewi Rakayuh dan Dewi Sofiah. Maulana Ishak memiliki anak bernama Sunan Giri dan Dewi Saroh. Mereka adalah kakak beradik.
Sunan Kalijaga juga menikah dengan puteri Aria Dikara. Dari pernikahan itu, lahirlah Raden Ayu Panengah, yang setelah dewasa menikah dengan Ki Ageng Ngerang III. Merekalah orang tua Ki Penjawi, salah satu sesepuh Mataram.
Berda'wah
Menurut cerita, Sebelum menjadi Walisongo, Raden Said adalah seorang perampok yang selalu mengambil hasil bumi di gudang penyimpanan Hasil Bumi di kerajaannya, merampok orang-orang yang kaya. Hasil curiannya, dan rampokanya itu akan ia bagikan kepada orang-orang yang miskin. Suatu hari, Saat Raden Said berada di hutan, ia melihat seseorang kakek tua yang bertongkat. Orang itu adalah Sunan Bonang. Karena tongkat itu dilihat seperti tongkat emas, ia merampas tongkat itu. Katanya, hasil rampokan itu akan ia bagikan kepada orang yang miskin. Tetapi, Sang Sunan Bonang tidak membenarkan cara itu. Ia menasihati Raden Said bahwa Allah S.W.T tidak akan menerima amal yang buruk. Lalu, Sunan Bonang menunjukan pohon aren emas dan mengatakan bila Raden Said ingin mendapatkan harta tanpa berusaha, maka ambillah buah aren emas yang ditunjukkan oleh Sunan Bonang.
Karena itu, Raden Said ingin menjadi murid Sunan Bonang. Raden Said lalu menyusul Sunan Bonang ke Sungai. Raden Said berkata bahwa ingin menjadi muridnya. Sunan Bonang lalu menyuruh Raden Said untuk bersemedi sambil menjaga tongkatnya yang ditancapkan ke tepi sungai. Raden Said tidak boleh beranjak dari tempat tersebut sebelum Sunan Bonang datang. Raden Said lalu melaksanakan perintah tersebut. Karena itu,ia menjadi tertidur dalam waktu lama. Karena lamanya ia tertidur, tanpa disadari akar dan rerumputan telah menutupi dirinya.
Tiga tahun kemudian, Sunan Bonang datang dan membangunkan Raden Said. Karena ia telah menjaga tongkatnya yang ditanjapkan ke sungai, maka Raden Said diganti namanya menjadi Kalijaga. Kalijaga lalu diberi pakaian baru dan diberi pelajaran agama oleh Sunan Bonang. Kalijaga lalu melanjutkan dakwahnya dan dikenal sebagai Sunan Kalijaga. Namun, cerita ini banyak diragukan oleh para sejarawan dan ulama berpaham salaf karena tidak masuk akal dan bertentangan dengan ilmu syariat.
Dalam dakwah, ia punya pola yang sama dengan mentor sekaligus sahabat dekatnya, Sunan Bonang. Paham keagamaannya cenderung "sufistik berbasis salaf" -bukan sufi panteistik (pemujaan semata). Ia juga memilih kesenian dan kebudayaan sebagai sarana untuk berdakwah.
Ia sangat toleran pada budaya lokal. Ia berpendapat bahwa masyarakat akan menjauh jika diserang pendiriannya. Maka mereka harus didekati secara bertahap: mengikuti sambil memengaruhi. Sunan Kalijaga berkeyakinan jika Islam sudah dipahami, dengan sendirinya kebiasaan lama hilang.
Ajaran Sunan Kalijaga terkesan sinkretis dalam mengenalkan Islam. Ia menggunakan seni ukir, wayang, gamelan, serta seni suara suluk sebagai sarana dakwah. Beberapa lagu suluk ciptaannya yang populer adalah Ilir-ilir dan Gundul-gundul Pacul. Dialah menggagas baju takwa, perayaan sekatenan, garebeg maulud, serta lakon carangan Layang Kalimasada dan Petruk Dadi Ratu ("Petruk Jadi Ratu"). Lanskap pusat kota berupa kraton, alun-alun dengan dua beringin serta masjid diyakini pula dikonsep oleh Sunan Kalijaga.
Metode dakwah tersebut sangat efektif. Sebagian besar adipati di Jawa memeluk Islam melalui Sunan Kalijaga; di antaranya adalah adipati Pandanaran, Kartasura, Kebumen, Banyumas, serta Pajang.
Referensi
· Soekirno, Ade (1994). Sunan Kalijaga: asal-usul mesjid agung demak: cerita rakyat Jawa Tengah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. ISBN 9795534629.
· Nasuhi, Hamid (2017). "Shakhṣīyat Sunan Kalijaga fī taqālīd Mataram al-Islāmīyah". Studia Islamika. Vol. 24 no. 1. Republic of Indonesia: Syarif Hidayatullah State Islamic University of Jakarta. ISSN 2355-6145.
· Chodjim, Achmad (2013). Sunan Kalijaga: Mistik dan Makrifat. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta. ISBN 9789790242920.
· Ricklefs, M.C. (1991). A History of Modern Indonesia since c.1300, 2nd Edition. London: MacMillan. p. 10. ISBN 0-333-57689-6.
· Sunyoto, Agus (2014). Atlas Wali Songo: Buku Pertama yang Mengungkap Wali Songo Sebagai Fakta Sejarah. 6th edition. Depok: Pustaka IIMaN. ISBN 978-602-8648-09-7
^ "Tiga Versi Asal-Usul Sunan Kalijaga". Dunia Keris. 2021.
BIOGRAFI LENGKAP SUNAN KALIJAGA ATAU RADEN SAID
TOKOH WALI SONGO YANG IKUT MENYEBARKAN ISLAM
InfoBiografi.Com – Sunan Kalijaga merupakan tokoh Wali Songo yang ikut menyebarkan Agama Islam di pulau Jawa. Namanya lekat dengan Muslim di Pulau Jawa, karena kemampuannya dan membawa pengaruh Islam ke tradisi Jawa. Berikut ini Biografi lengkapnya.
Keluarga Sunan Kalijaga
Sunan Kalijaga memiliki nama asli Joko Said, yang diperkirakan lahir pada tahun 1450 M. Sunan Kalijaga merupakan putra dari adipati Tuban yang bernama Tumenggung Wilatikta atau Raden Sahur. Ayah Sunan Kalijaga yaitu Tumenggung Arya Wilatikyta merupakan keturuan dari pemberontak legendaris Majapahit, Ronggolawe.
Berdasarkan riwayar masyhur, bahwa Adipati Arya Wilatikyta sudah memeluk Islam sejak sebelum lahirnya Joko Said. Meskipun seorang muslim, ia dikenal sangat kejam dan sangat taklid kepada pemerintah pusat Majapahit yang menganut Agama Hindu. Ia menetapkan pajak tinggi kepada rakyatnya. Sedangkan Joko Said muda yang mengetahuinya dan tidak setuju dengan segala kebijakan Ayahnya. Sebagai Adipati, Joko Said sering membangkang pada kebijakan-kebijakan Ayahnya.
Pembangkangan Tehadap Ayahnya
Hingga sampai puncaknya, pembangkangan itu terjadi ketika JOko Saik membongkar lumbung kadipaten dan membagi-bagikan padi dari dalam lumbung ke pada rakyat Turban yang saat itu dalam keadaan kelaparan akibat kemarau panjang.
Karena tindakannya, Ayahnya kemudian menggelar sidang untuk mengadili Joko Said dan menanyakan alasan dari perbuatannya. Kesempatan itu tidak di sia-siakan oleh Joko Saik untuk mengatakan alasan pada ayahnya. Joko Said mengatakan bahwa alasannya melakukan itu karena ajaran agama Islam. Ia menentang ayahnya yang menumpuk makanan di lumbung sementara rakyatnya hidup dalam kemiskinan dan kelaparan.
Ayahnya tidak terima dengan alasan yang diberikan oleh Joko Saik karena mengganggap Joko Said mengguruinya dalam masalah Agama. Karena alasan tersebut, akhirnya ayahnya mengusir Joko Said dari istana kadipaten seraya mengatakan ia baru boleh pulang jika ia sudah mampu menggetarkan seisi Tuban dengan bacaan ayat-ayat suci Al-quran.
Raden Said menjadi Perampok
Setelah keluar dari kadipaten Tuban. Joko Said berubah menjadi perampok yang terkenal dan ditakuti dikawasan Jawa Tmur. Namun, dalam merampok Joko Said memilih korban dengan seksama. Ia hanya merampok orang kaya yang tidak mau mengeluarkan zakat dan sedekah. Sedangkan sebagian besar hasil dari rampokkannya, ia bagi-bagikan untuk orang miskin. Dari sinilah ia sering diberi gelas “Lokajaya” artinya perampok budiman.
Namun semuanya berubah, ketika ia bertemu dengan seorang ulama yang berada di suatu hutan. Lokajaya melihat ada seorang kakek tua bertongkat. Orang itu adalah Sunan Bonang. Lokajaya melihat tongkat itu seperti tongkat emas, sehingga ia merampas tongkat itu. Dan mengatakan hasil dari rampokannya akan dibagilan kepada orang yang miskin. Tetapi, Sunan Bonang tidak membenarkan cara itu, ia lantas menasehati Lokajaya bahwa Allah SWT tidak akan menerima amal yang buruk. Lalu sunan Bonang menunjukkan pohon aren emas dan mengatakan bila Raden Sain ingin mendapatkan harta tanpa berusaha, maka ambillan buah aren emas yang di tunjukkan oleh Sunan Bonang.
Bertemu Sunan Bonang
Karena pertemuan itulah, Raden Said berubah dan ingin menjadi murid Sunan Bonang. Raden Said lalu menyusul Sunan Boang ke sungai dan mengatakan bahwa ia ingin menjadi murid Sunan Bonang. Sunan Bonang lalu menyuruh Raden Said untuk bertapa sambil menjaga tongkat yang ditancapkannya ke tepi sungai. Raden Said tidak diijinkan untuk beranjak dari tempat tersebut sebelum Sunan Bonang kembali datang.
Raden Said lalu melaksanakan perintah dari Sunan Bonang untuk menjaga tongkatnya. Karena itu, ia menjadi tertidur dalam waktu lama. Hingga tanpa disadari akar dan rerumputan telah tumbuh menutupu dirinya. Tiga tahun kemudian, Sunan Bonang datang dan membangunkan Raden Said. Karena ia telah menjaga tongkatnya yang ditancapkan di sungai dan melalukan pertapa, maka Raden Said diganti namanya menjadi Kalijaga. Kalijaga lalu diberi pakaian baru dan diberi pelajaran Agama oleh Sunan Bonang. Kali jaga lalu melanjutkan dakwahnya dan dikenal menjadi sunan Kalijaga. Namun cerita cerita pemberian gelar Kalijaga oleh Sunan Bonang banyak diragukan oleh para sejarwan dan ulama berpaham salaf karena tidak masuk akal dan bertentangan dengan ilmu syariat.
Sejarah Nama Kalijaga
Menurut pendapat masyarakat Cirebon, bahwa nama Kalijaga berasal dari nama dusun Kalijaga di Cirebon. Dengan alasan Sunan Kalijaga pernah tinggal di Cirebon dan bersahabat erat dengan Sunan Gunung Jati. Namun fakta menunjukkan bahwa di dusun kalijaga tidak terdapat ada “Kali” sebagai ciri khas dari dusun tersebut. Sedangkan, menurut logika, munculnya nama dusun Kalijaga setelah Sunan Kalijaga tinggal di dusun itu.
Menurut riwayat dari kalangan Jawa Mistik (Kejawen) mengaitkan nama Kalijaga dengan kesukaan Sunan Kalijaga berendam di Sungai (Kali) sehingga seperti orang yang sedang menjaga kali. Riwayat ini menyebutkan bahwa nama Kalijaga muncul setelah Joko Saik disuruh bertapa di tepi sungai oleh Sunan Bonang selama bertahun-tahun.
Banyak yang bependapat jika riwayat ini tidak masuk akal, apakah mungkin seorang da’i menghabiskan waktu lama untuk berendam di sungai sepanjang hari tanpa melakukan shalat, puasa bahkan tanpa makan dan minum. Sedangkan menurut pendapat lain mengatakan bahwa nama Kalijaga berasal dari bahasa Arab “Qadli” dan namanya sendiri “Joko Said”. Frase ini asalnya dari “Qadli Joko Said” yang artinya ” Hakim Joko Said”. Karena menurut sejarah mencatat bahwa saat Wilayah Demak didirikan pada tahun 1478, Sunan Kalijaga diserahi tugas sebagai Qadli (hakim) di Demak oleh Wali Demak saat itu, yaitu Sunan Giri.
Masyarakat Jawa dikenal kuat dalam hal penyimpangan pelafalan kata-kata dari bahasa Arab, seperti istilah Sekaten (dari ‘Syahadatain’), Kalimosodo (dari ‘Kalimah Syahadah’), Mulud (dari Maulid), Suro (dari Syura’), Dulkangidah (dari Dzulqaidah), dan masih banyak istilah lainnya. Maka tak aneh bila frase “Qadli Joko” kemudian tersimpangkan menjadi ‘Kalijogo’ atau ‘Kalijaga’.
Dakwah Sunan Kalijaga
Dalm perjalanan dakwahnya, Sunan Kalijaga membawa paham keagamaan yaitu salafi –bukan sufi-panteistik ala Kejawen yang ber-motto-kan ‘Manunggaling Kawula Gusti’. Ini terbukti dari sikap tegas beliau yang ikut berada dalam barisan Sunan Giri saat terjadi sengketa dalam masalah ‘kekafiran’ Syekh Siti Jenar dengan ajarannya bahwa manusia dan Tuhan bersatu dalam dzat yang sama.
Sunan Kalijaga sangat toleran terhadap budaya lokal. Ia berpendapat bahwa masyarakat akan menjauh jika diserang pendiriannya. Maka merka harus didekati secara bertahap, dengan mengikuti sambil mempengaruhi. Sunan Kalijaga memiliki keyakinan jika Islam sudah dipahami, maka dengan sendirinya kebiasaan lama hilang. Tidak heran, jika ajaran Sunan Kalijaga terkesan sinkretis dalam mengenalkan Islam.
Sunan Kalijaga menggunakan seni ukir, wayang, gamelan serta seni suara sebgai sarana dakwah. Beberapa lagu suluk ciptaannya yang populer adalah Ilir-ilir dan Gundul-gundul Pacul. Dialah menggagas baju takwa, perayaan sekatenan, garebeg maulud, serta lakon carangan Layang Kalimasada dan Petruk Dadi Ratu (“Petruk Jadi Raja”). Lanskap pusat kota berupa kraton, alun-alun dengan dua beringin serta masjid diyakini pula dikonsep oleh Sunan Kalijaga.
Metode dakwah tersebut sangat efektif. Sebagian besar adipati di Jawa memeluk Islam melalui Sunan Kalijaga; di antaranya adalah adipati Pandanaran, Kartasura, Kebumen, Banyumas, serta Pajang.
Lama masa hidup Sunan Kalijaga
Berdasarkan riwayat Mahsyur mengisahkan bahwa masa hidup Sunan kalijaga diperkirakan mencapai lebih dari 100 tahun. Ini membuktikan bahwa Sunan Kalijaga mengalami masa akhir kekuasaan Majapahit pada tahun 1478, Kesultanan Demak, Kesultanan Cirebon, Kesultanan Banten dan Kerajaan Panjang yang lahir tahun 1546 serta awal lahirnya Kerajaan Mataram.
Ketika wafat, ia dimakamkan di Desa Kadilangu, dekat kota Demak (Bintara). Makam ini hingga sekarang masih ramai diziarahi orang – orang dari seluruh indonesia.
Lengkap penjelasan yang disampaikan pada postingan kali ini tentang Biografi dan Profil Lengkap Sunan Kalijaga atau Raden Said sebagai salah satu tokoh wali songo yang menyebarkan islam di penjuru negeri Indonesia. Semoga apa yang disampaikan dapat menjadi suatu bahan yang bermanfaat bagi para pembaca yang budiman.
Sumbaer : Google Wikipedia
ooooo o0o ooooo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar