KISAH HABIL DAN QABIL PUTERA
NABI ADAM AS.
MUKADDIMAH,
Tatacara
hidup suami isteri Adam dan Hawa di bumi mulai tertib dan sempurna tatkala Hawa
bersedia untuk melahirkan anak-anaknya yang akan menjadi benih pertama bagi
umat manusia di dunia ini. Siti Hawa melahirkan kembar dua pasang, yakni:
Ø Pertama lahirlah pasangan Qabil
dan adik perempuannya yang diberi nama “Iqlima”, kemudian menyusul pasangan
kembar kedua Habil dan adik perempuannya yang diberi nama “Lubuda”.
Ø Kedua orang tua, Nabi
Adam dan Siti Hawa, menerima kelahiran keempat putera puterinya itu dengan
senang dan gembira, walaupun Hawa telah menderita apa yang lumrahnya dideritai
oleh setiap ibu yang melahirkan bayinya. Mereka mengharapkan dari keempat anak
pertamanya ini akan menurunkan anak cucu yang akan berkembang biak untuk
mengisi bumi Allah dan menguasai sesuai dengan amanat yang telah di bebankan ke
atas bahunya.
Di
bawah naungan ayah ibunya yang penuh cinta dan kasih sayang maka membesarlah
keempat anak itu dengan cepatnya melalui masa kanak-kanak dan menginjak masa
remaja, yang perempuan sesuai dengan kudrat dan fitrahnya menolong ibunya
mengurus rumah tangga dan mengurus hal-hal yang menjadi tugas wanita, sedang
yang laki-laki menempuh jalannya sendiri mencari nafkah untuk memenuhi
keperluan hidupnya. Qabil berusaha dalam bidang pertanian sedangkan Habil di
bidang perternakan.
Penghidupan
sehari-hari keluarga Adam dan Hawa berjalan tertib sempurna diliputi rasa kasih
sayang saling cinta mencintai hormat menghormati masing-masing meletakkan
dirinya dalam kedudukan yang wajar si ayah terhadap isterinya dan
putera-puterinya,si isteri terhadap suami dan anak-anaknya. Demikianlah pula
pergaulan di antara keempat bersaudara berlaku dalam harmoni damai dan tenang
saling bantu membantu hormat menghormati dan bergotong-royong.
Keempat Anak Adam Memasuki Alam Remaja.
Keempat
putera-puteri Adam mencapai usia remaja dan memasuki alam akil baligh di mana
nafsu berahi dan syahwat serta hajat kepada hubungan kelamin makin hari makin
nyata dan nampak pada gaya dan sikap mereka hal mana menjadi pemikiran kedua
orang tuanya dengan cara bagaimana menyalurkan nafsu berahi dan syahwat itu
agar terjaga kemurnian keturunan dan menghindari hubungan kelamin yang bebas di
antara putera-puterinya, kepada Nabi Adam Allah memberi ilham dan petunjuk agar
kedua puteranya dikahwinkan dengan puterinya. Qabil dikahwinkan dengan adik
Habil yang bernama Lubuda dan Habil dengan adik Qabil yang bernama Iqlima.
Cara
yang telah di ilham oleh Allah s.w.t. kepada Nabi Adam telah disampaikan kepada
kedua puteranya sebagai keputusan si ayah yang harus dipatuhi dan segera
dilaksanakan untuk menjaga dan mengekalkan suasana damai dan tenang yang
meliputi keluarga dan rumahtangga mereka. Akan tetapi dengan tanpa diduga dan
disangka rancangan yang diputuskan itu ditolak mentah-mentah oleh Qabil dan
menyatakan bahawa ia tidak mahu mengahwini Lubuda, adik Habil dengan
mengemukakan alasan bahawa Lubuda adalah buruk dan tidak secantik adiknya
sendiri Iqlima. Ia berpendapat bahawa ia lebih patut mempersunting adiknya
sendiri Iqlima sebagai isteri dan sekali-kali tidak rela menyerahkannya untuk
dikahwinkan oleh Habil. Dan memang demikianlah kecantikan dan keelokan paras
wanita selalu menjadi fitnah dan rebutan lelaki yang kadang-kadang menjurus
kepada pertentangan dan permusuhan yang sampai mengakibatkan hilangnya nyawa
dan timbulnya rasa dendam dan dengki di antara sesama keluarga dan sesama suku.
Kerana
Qabil tetap berkeras kepala tidak mahu menerima keputusan ayahnya dan meminta
supaya dikahwinkan dengan adik kembarnya sendiri Iqlima maka Nabi Adam seraya
menghindari penggunaan kekerasan atau paksaan yang dapat menimbulkan perpecahan
di antara saudara serta mengganggu suasana damai yang meliputi keluarga beliau
secara bijaksana mengusulkan agar menyerahkan masalah perjodohan itu kepada
Tuhan untuk menentukannya. Caranya ialah bahawa masing- masing dari Qabil dan
Habil harus menyerahkan korban kepada Tuhan dengan catatan bahawa barang siapa
di antara kedua saudara itu diterima korbannya ialah yang berhak menentukan
pilihan jodohnya.
Qabil
dan Habil menerima baik jalan penyelesaian yang ditawarkan oleh ayahnya. Habil
keluar dan kembali membawa peliharaannya sedangkan Qabil datang dengan sekarung
gandum yang dipilih dari hasil cucuk tanamnya yang rosak dan busuk kemudian
diletakkan kedua korban itu kambing Habil dan gandum Qabil di atas sebuah bukit
lalu pergilah keduanya menyaksikan dari jauh apa yang akan terjadi atas dua
jenis korban itu.
Pembunuhan Pertama Dalam Sejarah Manusia.
Dengan
telah jalurnya keputusan dari langit yang menerima korban Habil dan menolak
korban Qabil maka pudarlah harapan Qabil untuk mempersandingkan Iqlima tidak
puas dengan keputusan itu namun tidak ada jalan untuk menyoalkan. Ia menyerah
dan memerainya dengan rasa kesal dan marah sambil menaruh dendam terhadap Habil
yang akan dibunuh di kala ketiadaan ayahnya. Ketika Adam hendak berpergian dan
meninggalkan rumah beliau mengamanahkan rumahtangga dan keluarga kepada Qabil.
Ia berpesan kepadanya agar menjaga baik-baik ibu dan saudara-saudaranya selama
ketiadaannya. Ia berpesan pula agar kerukunan keluarga dan ketenangan
rumahtangga terpelihara baik-baik jangan sampai terjadi hal-hal yang
mengeruhkan suasana atau merosakkan hubungan kekeluargaan yang sudah akrab dan
intim.
Qabil
menerima pesanan dan amanat ayahnya dengan kesanggupan akan berusaha sekuat
tenaga menyelenggarakan amanat ayahnya dengan sebaik-baiknya dan sempurna
berpergiannya akan mendapat segala sesuatu dalam keadaan baik dan menyenangkan.
Demikianlah kata-kata dan janji yang keluar dari mulut Qabil namun dalam
hatinya ia berkata bahawa ia telah diberi kesempatan yang baik untuk
melaksanakan niat jahatnya dan melepaskan rasa dendamnya dan dengkinya terhadap
Habil saudaranya.
Tidak
lama setelah Adam meninggalkan keluarganya datanglah Qabil menemui Habil di
tempat penternakannya. Berkata ia kepada Habil: ”Aku datang ke mari untuk
membunuhmu. Masanya telah tiba untuk aku lenyapkan engkau dari atas bumi ini.” “Apa
salahku?” tanya Habil. Dengan asalan apakah engkau hendak membunuhku?” Qabil
berkata: ”Ialah karena korbanmu diterima oleh Allah sedangkan korbanku ditolak
yang berarti bahawa engkau akan mengahwini adikku Iqlima yang cantik dan molek
itu dan aku harus menikahi adikmu yang buruk dan tidak mempunyai gaya yang
menarik itu.”
Habil
berkata: ”Adakah berdosa aku bahawa Allah telah menerima korbanku dan menolak
korbanmu?Tidakkah engkau telah bersetuju cara penyelesaian yang diusulkan oleh
ayah sebagaimana telah kami laksanakan? Janganlah tergesa-gesa wahai saudaraku,
mempertaruhkan hawa nafsu dan ajakan syaitan! Kalau lah perasaanmu dan fikirlah
masak-masak akan akibat perbuatanmu kelak! Ketahuilah bahawa Allah hanya
menerima korban dari orang-orang yang bertakwa yang menyerahkan dengan tulus
ikhlas dari hati yang suci dan niat yang murni. Adakah mungkin sekali bahwa
korban yang engkau serahkan itu engkau pilihkannya dari gandum mu yang telah
rusak dan busuk dan engkau berikan secara terpaksa bertentangan dengan kehendak
hatimu, sehingga ditolak oleh Allah, berlainan dengan kambing yang aku serahkan
sebagai korban yang sengaja aku pilihkan dari perternakanku yang paling sehat
dan kucintai dan ku serahkannya dengan tulus ikhlas disertai permohonan
diterimanya oleh Allah.
Renungkanlah,
wahai saudaraku kata-kataku ini dan buang lah niat jahatmu yang telah
dibisikkan kepadamu oleh Iblis itu, musuh yang telah menyebabkan turunnya ayah
dan ibu dari syurga dan ketahuilah bahwa jika engkau tetap berkeras kepala
hendak membunuhku, tidaklah akan aku angkat tanganku untuk membalasmu kerana
aku takut kepada Allah dan tidak akan melakukan sesuatu yang tidak diredhainya. Aku hanya berserah diri kepada-Nya
dan kepada apa yang akan ditakdirkan bagi diriku.”
Nasihat
dan kata-kata mutiara Habil itu didengar oleh Qabil namun masuk telinga kanan
keluar telinga kiri dan sekali-kali tidak sampai menyentuh lubuk hatinya yang
penuh rasa dengki, dendam dan iri hati sehingga tidak ada tempat lagi bagi rasa
damai, cinta dan kasih sayang kepada saudara sekandungnya. Qabil yang
dikendalikan oleh Iblis tidak diberinya kesempatan untuk menoleh kebelakang
mempertimbangkan kembali tindakan jahat yang dirancangkan terhadap saudaranya,
bahkan bila api dendam dan dengkin didalam dadanya mulai akan padam dikipasinya
kembali oleh Iblis agar tetap menyala-yala dan ketika Qabil bingung tidak tahu
bagaimana ia harus membunuh Habil saudaranya, menjelmalah Iblis dengan seekor
burung yang dipukul kepalanya dengan batu sampai mati. Contoh yang diberikan
oleh Iblis itu diterapkannya atas diri Habil di kala ia tidur dengan nyenyaknya
dan jatuhlah Habil sebagai korban keganasan saudara kandungnya sendiri dan
sebagai korban pembunuhan pertama dalam sejarah manusia.
Penguburan Jenazah Habil.
Qabil
merasa gelisah dan bingung menghadapi mayat saudaranya. Ia
tidak tahu apa yang harus diperbuat dengan tubuh saudaranya yang semakin lama
semakin busuk itu. Diletakkanlah tubuh itu di sebuah peti yang dipikulnya
seraya mundar-mundir oleh Qabil dalam keadaan sedih melihat burung-burung
sedang berterbangan hendak menyerbu tubuh jenazah Habil yang sudah busuk itu.
Kebingungan
dan kesedihan Qabil tidak berlangsung lama kerana ditolong oleh suatu contoh
yang diberikan oleh Tuhan kepadanya sebagaimana ia harus menguburkan jenazah
saudaranya itu. Allah Swt. Yang Maha
Pengasih lagi Maha Bijaksana, tidak rela melihat mayat hamba-Nya yang soleh dan
tidak berdosa itu tersia-sia demikian rupa, maka dipertunjukkanlah kepada
Qabil, bagaimana seekor burung gagak menggali tanah dengan kaki dan paruhnya,
lalu menyodokkan gagak lain yang sudah mati dalam pertarungan, ke dalam lubang
yang telah digalinya, dan menutupi kembali dengan tanah. Melihat contoh dan
pengajaran yang diberikan oleh burung gagak itu, termenunglah Qabil sejenak
lalu berkata pada dirinya sendiri: ”Alangkah bodohnya aku, tidakkah aku dapat
berbuat seperti burung gagak itu dan mengikuti caranya menguburkan mayat
saudaraku ini?”
Kemudian
kembalilah Adam dari perjalanan jauhnya.Ia
tidak melihat Habil di antara putera-puterinya yang sedang
berkumpul. Bertanyalah ia kepada Qabil: ”Di manakah Habil berada? Aku tidak
melihatnya sejak aku pulang.” Qabil menjawab: ”Entah, aku tidak tahu dia ke
mana! Aku bukan hamba Habil yang harus mengikutinya ke mana saja ia pergi.” Melihat
sikap yang angkuh dan jawapan yang kasar dari Qabil, Adam dapat meneka bahwa
telah terjadi sesuatu ke atas diri Habil, puteranya yang soleh, bertakwa dan
berbakti terhadap kedua orang tuanya itu. Pada
akhirnya terbukti bahwa Habil telah mati dibunuh oleh Qabil sewaktu peninggalannya. Ia sangat sesal di atas
perbuatan Qabil yang kejam dan ganas itu di mana rasa persaudaraan, ikatan
darah dan hubungan keluarga diketepikan sekadar untuk memenuhi hawa nafsu dan
bisikan yang menyesatkan. Menghadapi musibah itu, Nabi Adam hanya berpasrah
kepada Allah menerimanya sebagai takdir dan kehendak-Nya seraya mohon dikaruniai
kesabaran dan keteguhan iman baginya dan kesedaran bertaubat dan beristighfar
bagi puteranya Qabil.
Kisah Qabil dan Habil Dalam Al-Quran.
Al-Quran
mengisahkan cerita kedua putera Nabi Adam ini dalam surah ”Al-Maidah” ayat 27
sehingga ayat 32, yang terjemahnya sebagai berikut :
27.
Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurut
yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan korban, Maka diterima dari
salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain
(Qabil). ia berkata (Qabil): "Aku pasti membunuhmu!". berkata Habil:
"Sesungguhnya Allah hanya menerima (korban) dari orang-orang yang
bertakwa".
28.
"Sungguh kalau kamu menggerakkan tanganmu kepadaku untuk membunuhku, aku
sekali-kali tidak akan menggerakkan tanganku kepadamu untuk membunuhmu.
Sesungguhnya aku takut kepada Allah, Tuhan seru sekalian alam."
29.
"Sesungguhnya aku ingin agar kamu kembali dengan (membawa) dosa
(membunuh)ku dan dosamu sendiri, Maka kamu akan menjadi penghuni neraka, dan
yang demikian Itulah pembalasan bagi orang-orang yang zalim."
30.
Maka hawa nafsu Qabil menjadikannya menganggap mudah membunuh saudaranya, sebab
itu dibunuhnyalah, Maka jadilah ia seorang diantara orang-orang yang merugi.
31.
kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk
memperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana seharusnya menguburkan mayat
saudaranya[410]. berkata Qabil: "Aduhai celaka Aku, mengapa aku tidak
mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayat
saudaraku ini?" karena itu jadilah Dia seorang diantara orang-orang yang
menyesal.
32.
oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa:
Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh)
orang lain[411], atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, Maka
seakan-akan Dia telah membunuh manusia seluruhnya[412]. dan Barangsiapa yang
memelihara kehidupan seorang manusia, Maka seolah-olah Dia telah memelihara
kehidupan manusia semuanya. dan Sesungguhnya telah datang kepada mereka
Rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian
banyak diantara mereka sesudah itu[413] sungguh-sungguh melampaui batas dalam
berbuat kerusakan dimuka bumi.
[410]
Dipahami dari ayat ini bahwa manusia banyak pula mengambil pelajaran dari alam
dan jangan segan-segan mengambil pelajaran dari yang lebih rendah tingkatan
pengetahuannya.
[411]
Yakni: membunuh orang bukan karena qishaash.
[412]
Hukum ini bukanlah mengenai Bani Israil saja, tetapi juga mengenai manusia
seluruhnya. Allah memandang bahwa membunuh seseorang itu adalah sebagai
membunuh manusia seluruhnya, karena orang seorang itu adalah anggota masyarakat
dan karena membunuh seseorang berarti juga membunuh keturunannya.
[413]
Ialah: sesudah kedatangan Rasul membawa keterangan yang nyata.
Pengajaran Dari Kisah Putera Nabi Adam A.S.
Bahawasanya
Allah s.w.t. hanya menerima korban dari seseorang yang menyerahkannya dengan
tulus dan ikhlas, tidak dicampuri dengan sifat riyak, takabur atau ingin
dipuji.Barang atau binatang yang dikorbankan harus yang masih baik dan sempurna
dan dikeluarkannya dari harta dan penghasilan yang halal.Jika korban itu berupa binatang
sembelihan, harus yang sihat, tidak mengandungi penyakit atau pun cacat, dan
jika berupa bahan makanan harus yang masih segar baik dan belum rusak atau
busuk.
Bahawasanya
penyelesaian jenazah manusia yang terbaik adalah dengan cara penguburan
sebagaimana telah diajarkan oleh Allah kepada Qabil.itulah cara paling sesuai
dengan martabat manusia sebagai makhluk yang dimuliakan dan diberi kelebihan
oleh Allah di atas makhluk-makhluk lainnya, menurut firman Allah dalam surah
“Al-Isra” ayat 70 yang bererti ; “Dan sesungguhnya telah Kami muliakan
anak-anak Adam. Kami angkut mereka di
daratan dan di lautan.Kami beri mereka
rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang
sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.”
Sumber :http://harmoni-my.org
dan sumber lainnya.
ORIENTASI
Kronologi Pembunuhan Habil
Setelah
pasangan Nabi Adam ‘alaihissalam dan Hawa turun ke bumi, Allah Subhanahu
wa Ta’ala mengaruniakan anak keturunan kepada mereka. Tidaklah Hawa
melahirkan kecuali selalu kembar laki-laki dan perempuan. Diriwayatkan dari
Ibnu Ihasq dalam Tafsir Baghowi dan Tafsir Al-Qurthubi bahwa Hawa
melahirkan 40 anak dengan 20 kali mengandung. Wallahu a’lam.
Setelah anak
keturunannya mencapai dewasa, Allah Subhanahu wa Ta’ala mensyariatkan
(membolehkan) kepada Nabi Adam ‘alaihissalam untuk menikahkan salah satu
dari pasangan kembar dengan salah satu dari pasangan Qabil bersama Iqliminya
yang berparas cantik, sedangkan pasangan kembar adiknya bernama Habil dan
Layudha berparas kurang menarik.
Ketika Nabi
Adam ‘alaihissalam hendak menikahkan mereka (Habil dengan Iqlimiya dan
Qabil dengan Layudha, red.) proteslah Qabil dan membangkang dikarenakan
saudara Habil jelek dan saudaranya sendiri cantik. Sehingga ia menginginkan
saudara kembarnya tersebut untuk dirinya sendiri lantaran ia merasa dirinya
lebih berhak atas saudara kembarnya. Berdasarkan wahyu dari Allah, Nabi Adam ‘alaihissalam
memerintahkan keduanya untuk berkurban, siapa yang diterima kurbanya maka
dialah yang berhak atas keutamaan (menikahi saudara kembar Qabil).
Kurban Qabil dan Habil
Qabil adalah
seorang petani. Ketika diperintahkan berkurban maka ia berkurban dengan seikat
gandum. Dia pilih gandum yang jelek dari tanamannya. Dia tidak peduli apakah
kurbannya diterima atau tidak, karena rasa sombong dan dengki sudah
menguasainya. Sedangkan Habil seorang peternak kambing, dia pilih kambing yang
muda lagi gemuk untuk berkurban. Dia berkeinginan agar kurbannya diterima di
sisi Allah Ta’ala. Setelah kurban keduanya dipersembahkan, Allah Ta’ala
menurunkan api berwarna putih dan dengan izin Allah api itu membawa kurban
Habil (sebagai tanda bahwa kurbannya diterima) dan meninggalkan kurban Qabil.
Al-Qurthubi
menukil dari Sa’id bin Jubair rahimahullah dan lainnya bahwa kambing itu
diangkat ke surga dan hidup di sana hingga diturunkan lagi ke bumi untu
dijadikan tebusan bagi Nabi Ismail ‘alaihissalam ketika hendak
disembelih oleh Nabi Ibrahim ‘alaihissalam, Wallahu a’lam
Melihat yang
demikian, di mana kurbannya tidak diterima, spontan marahlah Qabil hingga
berlanjut mengancam Habil untuk membunuhnya. Walau bagaimanapun, dia tak ingin
Habil menikhai saudara perempuannya.
Allah Ta’ala berfirman
menceritakannya dalam Surat Al-Maidah ayat 27,
“Ceirtakanlah
kepada mereka kisah kedua putra Adam (Qabil dan Habil) dengan sebenarnya.
Ketika keduanya mempersembahkan kurban, maka diterima dari salah satunya dan
tidak diterima dari yang lainnya. Maka berkata yang tidak diterima kurbannya,
‘Sungguh aku akan membunuhmu.’ Dan berkata yang diteirma kurbannya,
‘Sesungguhnya Allah hanya menerima kurban dari orang-orang bertakwa.’
Melihat
kakaknya berniat membunuhnya, Habil tidak membela diri. Sebaliknya, dia
menyerahkan dirinya dan tidak ada keinginan melawan. Dia berkata,“Sungguh kalau kamu menggerakkan
tanganmu untuk membunuhku, sekali-kali aku tidak menggerakkan tanganku aku
membunuhmu. Sesungguhnya aku takut kepada Allah, Robb sekalian alam.
Sesungguhnya aku ingin agar kamu kembali dengan membawa dosa (pembunuhan ini)
dan dosa kamu sendiri yang lain, maka kamu menjadi penghuni neraka, dan yang
demkian itulah pembalasan bagi orang-orang yang zhalim.” (QS.
Al-Maidah: 28-29)
Habil
melakukan tindakan ini karena Qabil bukanlah orang kafir melainkan pelaku
maksiat, dia khawatir jika melawan akan punya keinginan seperti Qabil yakni
membunuh lawannya. Ini tentu berakibat fatal, karena nanti kedua-duanya akan
masuk neraka. Tindakan ini juga seperti apa yang dilakukan Khalifah Utsman bin
Affan, pada waktu terjadinya fitnah ia tidak melawan ketika diserang karena
beliau tahu yang dihadapinya orang-orang muslim. Adapaun kepada orang kafir
maka seharusnya mempertahankan diri dan melawan, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam
hadits Bukhari dan Muslim: “Apabila dua orang muslim berhadap-hadapan dengna pedang
masing-masing, maka pembunuh dan yang dibuuh keduanya masuk neraka.”
Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, kalau pembunuh wajar ia masuk neraka,
tetapi kalau yang dibunuh apa gerangan penyababnya?” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,
“Sesungguhnya yang
dibunuh itu juga berkeinginan membunuh temannya.”
Juga
dalam hadits yang shahih riwayat Imam Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi: Seorang
sahabat bertanya, “Bagaimana pendapat Anda (wahai Rasulullah) jika ada orang
(muslim) yang masuk rumah saya lalu menggerakkan tangannya untuk membunuh
saya?” Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Jadilah seperti anak Nabi Adam
(ketika dibunuh ia tidak melawan).”
Cara Qabil
Membunuh
Diriwayatkan
dalam beberapa kitab tafsir, Qabil berkeinginan kuat untuk membunuh saudaranya,
Habil, sekalipun sudah diberikan nasihat dan peringatan oleh Habil sendiri.
Pada
suatu hari ketika Habil sedang menggembala kambing lantas tertidur lelap,
tiba-tiba datanglah Qabil dengan membawa batu lalu dengan beringas batu itu
dilemparkan mengenai kepala Habil hingga memecahkannya. Riwayat lain menyatakan
bahwa Habil dicekik dan digigit sebagaimama binatang buas ketika menyantap
mangsanya, wallahu a’lam.
Dan pada akhirnya matilah Habil karenanya.
Setelah
Habil meninggal, tanpa rasa belas kasihan Qabil meninggalkan jenazahnya di
tempat terbuka. Dia tidak tahu apa yang mesti dilakukan kepada jenazah
saudaranya karena jenazah Habil adalah yang pertama kali di atas permukaan
bumi. Perbuatan Qabil ini membuahkan malapetaka yang besar bagi dirinya
sendiri. Dia akan menanggung dosa dari pembunuhannya tersebut karena ia tidak
bertaubat sekaligus dosa orang yang menirunya yakni melakukan pembunuhan dengan
jalan yang tidak benar.
Sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam,
“Tidaklah dibunuh suatu jiwa dengan
zalim melainkan dosa pembunuhan itu akan ditanggungpula oleh anak Adam yang
pertama (Qabil) karena dialah yang pertama memberi contoh pembunuhan.”
(HR. Bukhari dan Muslim)
Rasulullah
shallallahu
‘alaihi wa sallam juga bersabda,
“Barang siapa yan gmemulai perkara
baik (yang disyariatkan) maka baginya pahalanya dan pahala orang yang
mengikutinya sampai terjadinya hari kiamat. Dan barang siapa yang memulai
perkara jelek maka baginya dosanya dan dosa orang yang mengikutinya sampai
terjadinya hari kiamat.” (HR. Muslim)
Dalam
keadaan yang demikian, Allah Ta’ala mendatangkan dua burung gagak yang sedang
bertarung, salah satunya mati. Maka yang hidup mengais-ngais tanah dengan
paruhnya membuat lubang untuk menanam burung gagak yang mati. Qabil mengambil
pelajaran dari peristiwa itu tentang cara mengubur jenazah saudaranya.
Fawaid
Kisah Pembunuhan
Habil
Al-Qurtubhi
mengatakan, “Hasad (dengki) adalah dosa yang pertama kali dilakukan di langit
dan di bumi, di langit adlaah dengkinya iblis kepada Nabi Adam ‘alaihissalam dan di
bumi adalah dengkinya Qabil kepada Habil.”
Pembunuhan
termasuk dosa besar yang mengancam pelakunya masuk neraka.
Sumber:
Majalah Al-Mawaddah, Edisi 8 Tahun ke-1 Robi’ul Awwal 1429/Maret 2008
Artikel www.KisahMuslim.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar