KISAH KERAJAAN TEMBONG AGUNG
Orientasi
Cipaku Darmaraja - Berdasarkan sumber historiografi
tradisional cikal bakal berdirinya kerajaan Sumedanglarang berawal dari
kerajaan Tembong Agung (Tembong artinya nampak dan Agung artinya luhur).
Berdirinya kerajaan Tembong Agung sangat erat kaitannya dengan kerajaan Galuh
Pakuan yang didirikan oleh Wretikandayun 612 M, sedangkan kerajaan Tembong
Agung didirikan oleh Prabu Guru Haji Aji Putih 696 - 721 M.
Setelah terjadinya perebutan kekuasaan di Galuh pada masa Sanjaya (723 – 732 M) dengan Purbasora yang dimenangkan oleh Sanjaya. Ki Balangantrang berhasil meloloskan diri dari pasukan Sunda pada malam pembinasaan Purbasora oleh Sanjaya kemudian tinggal Geger Sunten (sekarang kampung Sodong Desa Tambaksari Kecamatan Rancah, Ciamis). Ki Balangantrang berserta pengikutnya berupaya menghimpun kekuatan untuk merebut kembali Galuh dari tangan Sanjaya. Sebagai patih kawakan dan cucu Wretikandayun, Balangantrang mudah memperoleh pengikut dan pendukung, akhirnya Ki Balangantrang berhasil mendekati cicitnya Manarah, melalui tangan Manarah ini Ki Balangantrang berhasil merebut Galuh kembali, serangan dilakukan ketika diadakan acara sabung ayam (panyawungan) kerajaan. Ketika akan melangsungkan persiapkan serangan ke Galuh, putra Ki Balangantrang yaitu Guru Aji Putih mendirikan kerajaan Tembong Agung di Sumedang. Setelah berhasil merebut Galuh, tahta kerajaan diserahkan kepada Manarah dan Ki Balangantrang /Aria Bimaraksa pesiun sebagai patih Galuh.
Prabu Guru Adji Putih
Ki
Balangantrang mempunyai beberapa orang anak yang salah satunya Guru Aji Putih
yang dilahirkan pada tahun + 675 M . Dalam Kitab Waruga Jagat bahwa Prabu Guru
Aji Putih merupakan putra dari Ratu Komara keturunan Baginda Syah, putra Nabi
Nuh yang ke-10 dari permaisurinya ke dua. Dalam kisah putra Nabi Nuh, ditemukan
nama pada waktu kecil bernama Baginda Syah, kemudian beliau mempunyai putra
Baginda Asram, beliau berputra Babar Buana, menurunkan putra Maha Patih,
berputra Arga Larang, apuputra Bandul Gantangan, apuputra Sayar, apuputra
Radjakana, apuputra Prabu Komara menurunkan putra :
1.
Prabu
Permana
2. Prabu Guru Adji Putih
Sejak
kecil beliau tidak pernah mengenyam keindahan istana, karena tinggal di
Karesian, sehari-hari mendapat tempaan budi pekerti, olahan batin dan ilmu
keagamaan. Setelah tumbuh dewasa kira-kira berusia 20 tahun, diperintah olah
ayahnya bernama Prabu Komara agar mengamalkan ilmunya, maka sejak dari itu
Prabu Guru Adji Putih mengadakan perjalanan keliling ke kawasan Bagala Asih
Panyipuhan dengan melintasi Gunung Simpay, Mandalasakti, Gunung Penuh,
Sawalangsungsang, kaki Gunung Sanghiyang, kemudian tiba di sebuah dusun kecil
bernama Kampung Muara yang tidak jauh dari kali Cimanuk.
Pada awalnya Prabu Guru Aji Putih menganut ajaran Sunda Wiwitan/Agama Sunda (Sunda = Suci) yang mengakui Sang Pencipta itu tunggal. Agama Sunda sudah dianut oleh masyarakat Sunda kuna sebelum agama Hindu menyebar di tatar Sunda dan sudah ada sebelum Dewarman bertahta di Salakanagara (130 – 168 ). Agama Sunda/Sunda wiwitan menganut faham Monotheisme (satu tuhan) seperti digambarkan dalam Pantun Bogor : "Nya INYANA anu muhung di ayana, aya tanpa rupa aya tanpa waruga, hanteu kaambeu-ambeu acan, tapi wasa maha kawasa di sagala karep inyana".
Dalam Sahadat Pajajaran bahwa inti ajaran Agama Sunda hampir mirip dengan Surat Al Ikhlas. Agama Sunda memberikan ajaran tentang proses hidup manusia sejak lahir, hidup, mati dan menitis secara reinkarnasi. Pada hakekatnya ajaran Agama Sunda mengajarkan "Orang Sunda kudu Nyunda". Disitulah beliau mulai mengamalkan ilmunya dengan merekrut tokoh-tokoh masyarakat setempat.
Prabu Guru Aji Putih awalnya mendirikan padepokan di Citembong Agung Girang Kecamatan Ganeas Sumedang kemudian pindah ke kampung Muhara Desa Leuwi Hideung Kecamatan Darmaraja kemudian mendirikan kerajaan Tembong Agung.
Kerajaan yang didirikan sederhana belum mendapat dukungan atau pengakuan dari seluruh rakyatnya, oleh karena sarana atau keperluan kerajaan belum terpenuhi. Dalam perkembangannya meminta bantuan kepada Raja Galuh sehingga terjadilah hubungan erat, selanjutnya menghantarkan pertemuan dengan putri Galuh bernama Nyi Mas Dewi Nawangwulan yang bergelar Ronggeng Sadunya. Setelah melangsungkan pernikahan, Nyi Mas Dewi Nawangwulan diboyong ke Istana Kerajaan Tembong Agung (Tembong = tampak, Agung = tinggi), ungkapan cita-cita bahwa kelak akan menjadi kerajaan yang besar dan berdaulat.
Perkawinan
dengan Nyi Mas Dewi Nawangwulan melahirkan putra mahkota :
1. Prabu Tadjimalela (diperkirakan lahir + tahun 700 M)
2. Prabu Sokawayana
3. Prabu Harisdarma
4. Prabu Langlang Buana
1. Prabu Tadjimalela (diperkirakan lahir + tahun 700 M)
2. Prabu Sokawayana
3. Prabu Harisdarma
4. Prabu Langlang Buana
Kemunculan
kerajaan Tembong Agung mulai diperhitungkan oleh kerajaan lain, Tembong Agung
mendapat pengakuan dan dukungan penuh dari Galuh, sebab Dewi Nawang Wulan
adalah keponakan dari Prabu Purbasora selain kedudukan Aria Bimaraksa sebagai
Maha Patih mempunyai peranan penting di Galuh sehingga memberikan pengaruh yang
besar kepada Tembong Agung, selain itu pengakuan diberikan pula Demunawan
penguasa kerajaan Saung Galah, Demunawan merupakan putera dari Sempakwaja.
Setelah menyerahkan kerajaan Tembong Agung kepada putranya Prabu Tajimalela, Prabu Guru Aji Putih menjadi resi. Setelah putra mahkota tumbuh dewasa, Prabu Guru Adji Putih turun tahta selanjutnya menobatkan putra sulungnya Prabu Tadjimalela pada saat terang bulan tahun Saka atau pada tahun 721 – 778 M. Sedangkan Prabu Sokawayana mendapat perintah untuk memperluas wilayah kekuasaan ke kawasan Gunung Tampomas maka beliau mendirikan Medang Kahiyangan.
Prabu Harisdarma mengadakan perluasan wilayah kekuasaan ke kawasan Garut di sekitar kaki Gunung Haruman, beliaulah yang menurunkan para menak di kawasan Garut. Putra bungsu atau Prabu Langlang Buana mengadakan perluasan wilayah ke kawasan Barat disekitar kaki Gunung Manglayang atau daerah Sukapura (Bandung). Prabu Guru Adji Putih yang bertahta dari tahun 696 - 721 M, setelah menyerahkan kekuasaannya kepada putranya menjadi Resi, dengan mengadakan perjalanan keliling ke kawasan Cipeueut. Kemudian menetap di daerah tersebut, selanjutnya mengembangkan Padepokan Bagala Asih Panyipuhan yang telah dirintis oleh Sanghyang Resi Agung (pada abad ke-7).
Kesibukan mengajar para catriknya, tak menjadi perintang dalam mengembangkan niaganya. Beliau dikenal sebagai saudagar rempah-rempah yang mempunyai hubungan dengan Kerajaan Sunda Galuh. Pada abad itu pula tersiar kabar bahwa para saudagar dari Srilangka mendarat di pantai selatan pulau Jawa, kemudian menetap di kota-kota kecil seperti Garut dan Cirebon. Saudagar tersebut mempunyai hubungan dagang dengan saudagar Islam yang telah disebut-sebut dalam wangsit leluhurnya.
Kedatangan mereka mendorong Prabu Guru Adji Putih melakukan pengkajian wangsit-wangsit leluhurnya (amanah), diantaranya : “Hiji waktu jalan kaarifan baris molongpong ti panto Mekah nepi ka Pulo Tutung (Afrika), jalma antay-antayan neangan kaarifan, tapi maranehna teu nyaho nu disebut arif”. Artinya : “Suatu saat jalan kaarifan akan membujur dari pintu Mekah sampai ke Pulau Hitam (Afrika), mereka berbondong-bondong mencari kearifan, tetapi mereka tidak tahu apa yang disebut arif”.
Wangsit itu mendorong untuk membuka hubungan niaga dengan saudagar rempah-rempah dari Teluk Persia yang menetap di Cirebon Girang. Hubungan kerjasama niaga menghantarkan Prabu Guru Adji Putih berlayar menuju negeri Mekah, dengan tujuan mengembangkan niaga. Di Kota Mekah bertemu dengan Syekh Ali keturunan Pangeran Baghdad. Sejak itulah Prabu Guru Adji Putih mulai mengenal ajaran Islam, bahkan secara ikhlas masuk agama Islam. Kemudian sepulangnya dari Mekah, diperintahkan agar mendirikan tempat wudhu tujuh muara, setelah itu diharuskan mendirikan Mesjid Jami (Rumah Allah). Setibanya di tanah air, beliau mendirikan tempat wudhu tujuh muara, dikenal dengan nama-nama yang menggunakan bahasa ibunya, seperti : (1) Cikahuripan, (2) Cikajayaan, (3) Cikawedukan, (4) Cikatimbulan, (5) Cisundajaya, (6) Cimaraja, (7) Cilemahtama.
1.
Cikahuripan
Maknanya adalah barangsiapa yang
berwudhu di situ, maka akan memperoleh kemulyaan hidup, ditemukan di sekitar
kaki Gunun Lingga kawasan Desa Cimarga Kecamatan Darmaraja.
2. Cikajayaan
Maknanya adalah simbol dari
keinginan, barang siapa yang berwudhu disitu, akan memperoleh keunggulan
(kejayaan) termasuk disegani dan awet muda. Ditemukan di kawasan Paniis kampong
Cieunteung Desa Sukanagara Kecamatan Darmaraja.
3. Cikawedukan
Maknanya barang siapa yang berwudhu
dan mandi disitu, dilandasi keyakinan, akan memperoleh kekuatan lahir batin,
atau tidak akan tembus senjata tajam.
4. Cikatimbulan
Maknanya adalah barang siapa yang
melakukan ma’rifat. Kemudian berwudhu dan mandi disitu maka akan mampu
menghilang (halimunan) atau dapat tembus pandang, timbul tenggelam adalah
khasiat yang sangat utama.
5. Cisundajaya
Maknanya adalah barang siapa yang
meyakini ilmu-ilmu leluhur Sunda, kemudian berwudhu dan mandi disitu, akan
memperkuat kejayaan Kisunda. Sunda dalam pandangan Prabu Guru Adji Putih, (Sun
= bagus, Da = Dawa artinya panjang, terbagus dan terpanjang dalam rentang
kejayaan).
6. Cimaraja
Maknanya adalah barang siapa yang
mempelajari ilmu kepemimpinan, kemudian mandi dan berwudhu di situ, akan
memperoleh kharisma dalam memimpin rakyat. Raja adalah pemimpin utama yang
menentukan arah kehidupan rakyatnya.
7. Cilemahtama
Maknanya barang siapa yang menderita
penyakit lahir maupun batin, kemudian mandi dan berwudhu di situ, akan
disembuhkan dari bencana penyakit. Situs tersebut ditemukan di Cipeueut Desa
Cipaku Kecamatan.
8. Darmaraja.
Setelah menyelesaikan tempat-tempat
wudhu tersebut, Prabu Guru Adji Putih berniat mendirikan Mesjid Jami, dengan
memilih tempat di kawasan Nagrog yang terletak di kaki Gunung Lingga. Akan
tetapi rencana tersebut gagal karena tidak mendapat dukungan dari rakyat.
Sampai sekarang tempat tersebut dikenal dengan Gunung Masigid. Selanjutnya
beliau kembali ke Keresian Bagala Asih Panyipuhan, bahkan lebih memusatkan
kepada syiar agama, dengan memanfaatkan pendekatan adat tradisi budaya,
kesenian dan pendekatan sosial kemasyarakatan.
Pandangan-pandangan Budaya
Prabu
Guru Adji Putih setelah pergi ke Mekah dinobatkan sebagai Haji Darmaraja atau
disebut Haji Purwa Sumedang (sosok yang pertama kali gelar haji di Darmaraja
atau Sumedang), dengan gelar Prabu Guru Haji Adji Putih. Dalam Babad Darmaraja
diceritakan setelah mengetahui adanya agama baru (Islam) yang hampir mirip
dengan agama Sunda maka Prabu Guru Aji Putih berangkat menuju Mekkah untuk
menpendalam Agama Islam, sehingga Prabu Guru Aji Putih dikenal juga sebagai
Prabu Guru Haji Aji Putih atau Haji Purwa Sumedang yang berarti orang Sumedang
pertama berangkat Haji.
Selain Resi yang cukup dikenal, juga sebagai ahli fikir/tarekat yang merangkai pandangan-pandangan budaya yang mengunakan landasan Islam. Beliau menciptakan Syahadat dan ilmu Kacipakuan, artinya Pengakuan atau Ikrar kesaksian terhadap leluhurnya, yang berbunyi : “Sir budi cipta rasa, Sir rasa papan raga, dzat marifat wujud kula”. Kemudian disempurnakan oleh anak cucunya menjadi “Sir budi cipta rasa, Sir rasa papan raga, dzat marifat wujud kula, maring Prabu Purbawisesa, Prabu Teras Wisesa, Eyang Haji Darmaraja, maring Ingsun”. Artinya: "Getaran jiwa menciptakan perasaan, getaran perasaan menjembatani jasad, dzat (ruh) untuk mengetahui diri sendiri, dekatlah dengan Purbawisesa, Prabu Teras Wisesa, Haji Darmaraja, masuklah ke dalam jiwaku.
Selanjutnya
disempurnakan lagi oleh anak cucunya : "Sir
budi cipta rasa, sir rasa papan raga, dzat marifat wujud kula, maring
Purbawisesa, Terah wisesa, ratu galuh, galih kula aji putih, ngamupuk aji
putih, ngabanyu aji putih, ngaraga sukma tembong aji sajati agung, sajatining
diri tembong agung, marifat jati keursaning Allah. La ilaha illallah,
Muhammaddarosullullah". (Getaran jiwa adalah untuk
menciptakan perasaan, perasaan untuk menghidupkan jasmani. Dzat untuk
mengetahui diri sendiri, untuk mendekatkan diri dengan Tuhan pencipta alam
semesta, untuk mengetahui sifat-sifat Tuhan dan mengetahui hati nurani, Cahaya
Hati/ Nurani, penyaksian terhadap (Adam & Nabi syits), keturunan Syits dan
Ratu Galuh (ketunanan nabi nuh), didalam saya ilmu putih, menggunakan ilmu
putih...dst).
Selain itu beliau menciptakan simbol alif yang dinukilkan kedalam bentuk pusara atau batu nisan (tunggul kuburan), menunjukkan bahwa Tuhan itu satu. Jika alif dijabar bunyinya a, artinya akal, jika alif dijeer bunyinya i artinya iman, jika dipees artinya u artinya usaha. Tiga unsur itulah merupakan sumber kekuatan hidup. “Akal hade, usaha getol lamun teu iman, rea jalma beunghar tapi dunyana (pakaya) teu mangfaat. Iman hade, akal hebat tapi embung usaha hirupna ngayuni tatangkalan. Usaha hade, iman hade, tapi teu boga akal, rea jalma pinter kabalinger, temahna nyempitkeun ilmu agama”. Menjelang akhir hayatnya, beliau melakukan marifat di Cipeueut (menyempurnakan ilmunya) hingga meninggal dunia.
Setelah wafat Prabu Guru Haji Aji Putih dimakamkan di di Pajaratan Landeuh Cipeueut terletak di Kampung Cipeueut Desa Cipaku Kecamatan Darmaraja Sumedang. Makam Prabu Guru Haji Putih terletak tak jauh dari makam ayahnya Eyang Resi Agung dan Dewi Nawang Wulan istrinya.
========
Catatan :
Jikalau kita lihat wangsit leluhurnya sebelum
prabu aji putih menjadi menjadi resi islam kita bisa lihat dalam kitab hindu
berikut ini :
- Manu
(Nuh) sebagai nabi juga memiliki hukum, yang oleh umat Hindhu disebut
Manusmriti (Law of Manu). Dalam Atharvaveda Book 20 Hymn 127 verses 1-13
dikatakan tentang datangnya nabi Muhammad, mengatakan: “Dia adalah Resi yang
naik Onta.
- Tidak mungkin itu orang India karena Reshi
India (Brahman) tidak boleh naik Onta berdasarkan “Sacred Book of the east”,
Volume 25, Law of Manu page 472. Menurut Manu Smirti Bab 11 ayat 202 “Seorang
Brahman dilarang menaiki Onta atau Keledai.
Prabu Tadjimalela
Prabu
Tadjimalela naik tahta pada tahun 721 – 778 M, dengan batas wilayah kekuasaan
meliputi sepanjanng kali Cimanuk yang membujur dari selatan ke utara. Batas
wilayah tersebut berdasarkan pengakuan yang berpijak di atas landasan teori
perkiraan. Di awal pemerintahannya, mengganti nama Kerajaan Tembong Agung
menjadi Kerajaan Hibar Buana yang memuat tentang angan-angan atau suatu
cita-cita. Hibar = temaran cahaya, Buana = alam, menyimbolkan keinginan bahwa
satu saat kerajaan tersebut akan menjadi kerajaan besar.
Pada saat sedang menata kerajaan, muncul pemberontakan di kawasan kaki Gunung Tjakrabuana, dipimpin oleh Gagak Sangkur yang didukung oleh wadya balad Talaga. Tujuannya ingin menghancurkan kekuasaan Prabu Tadjimalela. Kemudian Prabu Tadjimalela membawa pasukan ke kawasan tersebut, terjadi pertempuran di kawasan kaki Gunung Tjakrabuana lalu melebar ke daerah Malangbong dan Limbangan Garut. Pasukan Gagak Sangkur dapat dipukul mundur, lalu ditangkap. Sewaktu akan diadili, ia menyerah atau tunduk, bahkan bersedia untuk mengabdi kepada Prabu Tadjimalela. Selanjutnya diangkat sebagai Patih Agung. Berkat dukungan Patih Gagak Sangkur, Prabu Tadjimalela berhasil memperluas wilayah kekuasaan ke wilayah selatan, sejak itulah Limbangan dan Malangbong Garut berada dalam kekuasaan Prabu Tadjimalela.
Satu saat beliau melakukan tafakur tujuannya untuk memperoleh petunjuk dan kekuatan dari khaliqnya, dengan harapan Kerajaan menjadi besar. Bisikan gaib mendorong beliau untuk meninggalkan Istana Kaprabon, kemudian melakukan tafakur di sebuah bukit Sangkanjaya yang terletak di deretan Gunung Sanghiyang. Saat melakukan tafakur beliau melihat tebaran cahaya yang menyilaukan, laihrlah sebuah ungkapan “Ingsun medangan” kira-kira aku melihat cahaya di tempat yang mulia. Dari ucapan tersebut berkembang menjadi nama sebuah Kerajaan, yaitu Kerajaan Sumedanglarang. Su dari perkataan insun = aku, medang = cahaya, larang = suatu tempat yang penuh dengan pantangan dan tantangan atau tempat yang mulia. Sejak itulah Kerajaan Sumedanglarang dikenal ke pelosok kota Sunda Galuh.
Prabu Tadjimalela (Tadji = tajam, malela = selendang) mengakhiri masa kesendiriannya dengan menikahi Nyi Mas Putri Galuh Pakuan, melalhirkan putra-putra mahkota :
1.
Prabu
Lembu Agung
2.
Prabu
Gajah Agung
3.
Sunan
Ulun
Prabu Lembu Agung dan Gajah Agung lahir secara bersamaan atau kembar. Setelah putranya dewasa, ada tanda-tanda Prabu Tadjimalela untuk meletakkan kekuasaan. Akan tetapi sadar bahwa kedua putra yang kembar itu sama-sama mempunyai hak memangku tahta nobat. Untuk menentukan pilihan, Prabu Tadjimalela membuat simbol yang memuat tuntuan moral yang melandasi kearifan. Maka kedua putranya diperintahkan agar melakukan tapa brata denganj simbol kelapa muda (duwegan). Barang siapa kelapa muda yang ditafakurinya tidak berair, maka tidak berhak menjadi raja. Keputusan itu disepakati oleh kedua putranya, kemudian mereka pergi meninggalkan istana Sumedanglarang. Selama empat puluh hari empat puluh malam melakukan kegiatan perenungan atau mengembarakan batiniahnya kea lam dimensi luar. Setelah selesai semedi, sama-sama mengupas kelapanya, namun kelapa muda milik Prabu Lembu Agung tak ada airnya. Ia menyadari bahwa dirinya tidak berhak menjadi raja, maka mendukung adik kembarnya sebagai calon Raja Sumedanglarang.
Prabu Gajah Agung tidak menerima begitu saja atau menolak terhadap keputusan kakak kembarnya, karena tidak mempunyai niat mengubah tradisi penyerahan Tahta Kerajaan, putra sulung yang berhak meneruskan kekuasaan ayahnya. Selain itu ajaran budaya Kasumedangan melandasi pandangan “Kasaluhureun ngahormat, kasahandapeun ngarahmat”. Hal itu pulalah yang melandasi pendapat adik kembarnya. Namun perdebatan bertambah seru. Masing-masing mempunyai pendapat, Prabu Lembu Agung beralasan harus patuh terhadap perintah ayahnya. Akhirnya perdebatan diakhiri pertarungan seru, akan tetapi tidak ada tanda-tanda yang mengalah.
Prabu Tadjimalela peka menyimak gelagat buruk yang terjadi, kemudian memanggil putranya yang sedang bertarung, baru pertarungan berhenti. Tadjimalela menasehati agar perbedaan pendapat tak diselesaikan dengan kekuatan fisik. Prabu Lembu Agung beralasan bahwa pertarungan tersebut membela amanat orang tua “Ciduh indung matak metu, reuhak bapa matak teurak, nuking nonggong ka indung bapa, waruga kabalur ku dosa” demikian juga Prabu Gajah Agung mempunyai alasan bahwa pertarungan itu hanya untuk membela hak kakaknya, karena saudara yang lebih dulu lahir ke dunia harus dihormati dan dijaga hak-haknya.
Prabu Tadjimalela memahami pendapat kedua putranya yang berbeda, tetapi maknanya sama-sama mengusahakan kebaikan. Kemudian menasehati bahwa kearifan penuntun kebenaran sejati, juga ibarat cahaya yang muncul dengan seketika, lalu menerangi seluruh alam pikiran manusia “Ngayuh kasampurnaan hurip bawa kasalna, ngudi sajatining becik” artinya: Mencapai kesempurnaan hidup, akan selalu mengusahakan kebenaran dan kebaikan sejati. Setelah memberi nasehat, beliau memutuskan bahwa Prabu Lembu Agung sebagai calon raja. Lembu Agung bersedia tetapi hanya sekedar raja, sebab yang berhak memegang tahta kerajaan adalah adiknya. Maka Prabu Lembu Agung diangkat jadi raja pada saat terang bulan Tahun Saka. Setelah Prabu Tadjimalela turun tahta, beliau menjadi resi kemudian mengadakan perjalanan keliling ke kawasan Gunung Lingga, disitu melakukan marifat dalam upaya meyempurnakan ilmunya. Selama jadi Resi, banyak menciptakan pandangan-pandangan budaya yang disebut budaya Kasumedangan atau dalam istilah lain Ilmu Kasumedangan.
Cikal
bakal berdirinya kerajaan Sumedang Larang berawal dari kerajaan Tembong Agung.
Berdirinya kerajaan Tembong Agung sangat erat kaitannya dengan kerajaan Galuh
Pakuan yang didirikan oleh Wretikandayun 612 M, sedangkan kerajaan Tembong
Agung didirikan oleh Prabu Guru Aji Putih 678 M di Citembong Girang Kecamatan
Ganeas Sumedang kemudian pindah ke kampung Muhara Desa Leuwi Hideung Kecamatan
Darmaraja. Pernikahan Prabu Guru Aji Putih dengan Dewi Nawang Wulan (Ratna
Inten) memiliki empat orang putra; yang sulung bernama Batara Kusuma atau
Batara Tuntang Buana yang dikenal juga sebagai Prabu Tajimalela, yang kedua
Sakawayana alias Aji Saka, yang ketiga Haris Darma dan yang terakhir Jagat
Buana yang dikenal Langlang Buana.
Ketika
Batara Kusuma sedang bertapa, terjadi suatu keajaiban alam di kaki Gunung
Cakrabuana, ketika langit menjadi terang-benderang oleh cahaya yang melengkung
mirip selendang (malela) selama tiga hari tiga malam sehingga Batara Kusuma
berucap " In(g)sun Medal In(g)sun Madangan" (In(g)sun artinya "saya",
Medal artinya lahir dan Madangan artinya memberi penerangan) maksudnya
"Aku lahir untuk memberikan penerangan" dari kata-kata tersebut
terangkailah kata Sumedang, sedangkan kata Sumedang Larang dapat juga diartikan
sebagai "tanah luas yang jarang bandingnya" (Su= bagus, Medang = luas
dan Larang = jarang bandingannya), sehingga Batara Kusuma dikenal pula sebagai
Tajimalela dan kata Sumedang bisa diambil juga dari kata Su yang berarti baik
atau indah dan Medang adalah nama sejenis pohon, Litsia Chinensis sekarang dikenal
sebagai pohon Huru, dulu pohon medang banyak tumbuh subur di dataran tinggi
sampai ketinggi 700 m dari permukaan laut seperti halnya Sumedang merupakan
dataran tinggi.
Prabu Tajimalela merupakan raja pertama Kerajaan Sumedang Larang (721 – 778 M) yang berkedudukan Tembong Agung Darmaraja dibekas kerajaan Prabu Guru Aji Putih. Prabu Tajimalela mempunyai tiga orang putra yaitu ; yang pertama Jayabrata atau Batara Sakti alias Prabu Lembu Agung, yang kedua Atmabrata atau Bagawan Batara Wirayuda yang dikenal sebagai Prabu Gajah Agung, dan yang terakhir Mariana Jaya atau Batara Dikusuma dikenal sebagai Sunan Ulun, yang pertama menjadi raja kedua Sumedang Larang adalah Lembu Agung (778 – 893 M) kemudian digantikan oleh Prabu Gajah Agung (893 – 998 M) sebagai raja Sumedang Larang ketiga dan mulai dari sini pusat pemerintahan dipindah dari Darmaraja ke Ciguling Pasanggrahan Sumedang Selatan.
Prabu Gajah Agung mempunyai putra bernama Wirajaya atau Jagabaya atau dikenal sebagai Prabu Pagulingan (998 – 1114 M) kemudian menjadi raja Sumedang Larang keempat. Setelah wafatnya Prabu Pagulingan digantikan oleh Mertalaya yang dikenal sebagai Sunan Guling (1114 – 1237 M) sebagai raja Sumedang Larang kelima mempunyai tiga putra; Tirta Kusuma dikenal sebagai Sunan Tuakan, Jayadinata dan Kusuma Jayadiningrat. Setelah Sunan Guling wafat digantikan oleh puteranya bernama Tirtakusuma atau Sunan Tuakan (1237 – 1462 M) sebagai raja Sumedang Larang yang keenam. Sunan Tuakan memiliki tiga putri; yang sulung Ratu Ratnasih alias Nyi Rajamatri diperistri oleh Sri Baduga Maharaja Jaya Dewata Pakuan Pajajaran, yang kedua Ratu Sintawati alias Nyi Mas Ratu Patuakan dan yang ketiga Sari Kencana diperisteri oleh Prabu Liman Sanjaya keturunan Prabu Jaya Dewata.
Kemudian Sunan Tuakan digantikan oleh putrinya yang kedua yang bernama Ratu Sintawati alias Nyai Mas Patuakan (1462 – 1530 M) sebagai raja Sumedang Larang ketujuh, Ratu Sintawati menikah dengan Sunan Corenda raja Talaga putera Ratu Simbar Kancana dari Kusumalaya putra Dewa Niskala penguasa Galuh. Dari Ratu Sintawati dan Sunan Corenda mempunyai putri bernama Satyasih atau dikenal sebagai Ratu Inten Dewata setelah menjadi penguasa Sumedang yang kedelapan bergelar Ratu Pucuk Umum (1530 – 1578 M). Pada masa Ratu Sintawati / Nyai Mas Patuakan agama Islam mulai menyebar di Sumedang pada tahun 1529 M. Agama Islam disebarkan oleh Maulana Muhammad alias Pangeran Palakaran putera Maulana Abdurahman alias Pangeran Panjunan.
Putra Pangeran Palakaran / Muhammad yaitu Rd. Solih atau Pangeran Santri menikah dengan Ratu Pucuk Umum putri Nyi Mas Patuakan, yang akhirnya Pangeran Santri menggantikan Ratu Pucuk Umum sebagai penguasa Sumedang, Pangeran Santri dinobatkan sebagai raja Sumedang Larang dengan gelar Pangeran Kusumadinata I. Pangeran Santri merupakan penguasa Sumedang pertama yang menganut agama Islam dan berkedudukan di Kutamaya Padasuka sebagai Ibukota Sumedang Larang yang baru.
Hasil pernikahan Ratu Pucuk Umum dengan Pangeran Santri mempunyai seorang putra bernama Pangeran Angkawijaya kelak bergelar Prabu Geusan Ulun . Pada masa pemerintahan Pangeran Santri kekuasaan Pajajaran sudah menurun di beberapa daerah termasuk Sumedang. Pada tahun 1578 tepatnya pada hari Jum'at legi tanggal 22 April 1578 atau bulan syawal bertepatan dengan Idul Fitri di Keraton Kutamaya Sumedang Larang Pangeran Santri menerima empat Kandaga Lante yang dipimpin oleh Sanghiang Hawu atau Jaya Perkosa, Batara Dipati Wiradidjaya (Nganganan), Sangiang Kondanghapa, dan Batara Pancar Buana Terong Peot membawa pusaka Pajajaran dan alas parabon untuk di serahkan kepada penguasa Sumedang Larang pada waktu itu dan pada masa itu pula Pangeran Angkawijaya / Pangeran Kusumadinata II dinobatkan sebagai raja Sumedang Larang dengan gelar Prabu Geusan Ulun (1578 – 1601) sebagai nalendra penerus kerajaan Sunda dan pada tanggal 11 Suklapaksa bulan Wesaka 1501 Sakakala atau tanggal 8 Mei 1579 M Pajajaran "Sirna ing bumi" Ibukota Padjajaran jatuh ke tangan pasukan Kesultanan Surasowan Banten
Yang
akhirnya Sumedang mewarisi wilayah bekas wilayah Padjajaran dengan wilayahnya
meliputi seluruh Padjajaran sesudah 1527 masa Prabu Prabu Surawisesa dengan
batas meliputi; Sungai Cipamali (daerah Brebes sekarang) di sebelah timur,
Sungai Cisadane di sebelah barat, Samudra Hindia sebelah Selatan dan Laut Jawa
sebelah utara. Daerah yang tidak termasuk wilayah Sumedang Larang yaitu
Kesultanan Banten, Jayakarta dan Kesultanan Cirebon. Dilihat dari luas wilayah
kekuasaannya, wilayah Sumedang Larang dulu hampir sama dengan wilayah Jawa
Barat sekarang tidak termasuk wilayah Banten dan Jakarta kecuali wilayah
Cirebon sekarang menjadi bagian Jawa Barat. sehingga Prabu Geusan Ulun mendapat
restu dari 44 penguasa daerah Parahiyangan yang terdiri dari 26 Kandaga Lante,
Kandaga Lante adalah semacam Kepala yang satu tingkat lebih tinggi dari pada
Cutak (Camat) dan 18 Umbul dengan cacah sebanyak + 9000 umpi. Tidak semuanya
bekas kerajaan bawahan Pajajaran mengakui Prabu Geusan Ulun sebagai nalendra,
sehingga terpaksa Prabu Geusan Ulun menaklukan kembali kerajaan-kerajaan
tersebut seperti Karawang, Ciasem, dan Pamanukan.
Peristiwa
penobatan Prabu Geusan Ulun sebagai Cakrawarti atau Nalendra merupakan
kebebasan Sumedang untuk mengsejajarkan diri dengan kerajaan Banten dan
Cirebon. Arti penting yang terkandung dalam peristiwa itu ialah pernyataan
bahwa Sumedang menjadi ahli waris serta penerus yang sah dari kekuasaan
Kerajaan Pajajaran di Bumi Parahiyangan. Pusaka Pajajaran dan beberapa atribut
kerajaan yang dibawa oleh Senapati Jaya Perkosa dari Pakuan dengan sendirinya dijadikan
bukti dan alat legalisasi keberadaan Sumedang, sama halnya dengan pusaka
Majapahit menjadi ciri keabsahan Demak dan Mataram.
Reorientasi
Kerajaan Tembong Agung adalah monarki yang pernah ada dalam sejarah kerajaan
Tatar Pasundan di Nusantara sekitar abad 8 sampai 14 dan merupakan cikal bakal
berdirinya Kerajaan
Sumedang Larang
yang kemudian diberi wewenang oleh Kerajaan Pajajaran melalui pemberian mahkota
Binokasih dengan perangkat kerajaan lainnya via empat maha patih atau Kandaga Lante sekitar tahun 1579 M
sebagai legitimasi penerus kerajaan Sunda selanjutnya.
Sejarah
Seorang
resi keturunan dari Galuh datang ke sebuah kawasan di pinggiran sungai Cimanuk,
daerah Cipaku, Kecamatan Darmaraja, Sumedang sekarang. Kehadiran Resi yang
bernama Prabu Guru Aji Putih ini, membawa perubahan-perubahan dalam tata
kehidupan masyarakat setempat, yaitu telah ada dan dirintis oleh Prabu Agung
Cakrabuana sejak abad ke delapan. Secara perlahan-lahan dusun-dusun sekitar
pinggiran sungai Cimanuk diikat oleh struktur pemerintahan dan kemasyarakatan.
hingga berdirilah Kerajaan Tembong Agung sebagai cikal bakal kerajaan Sumedang
Larang di Kampung Muhara, Desa Leuwihideung, Kecamatan Darmaraja sekarang.
Prabu
Guru Aji Putih berputra Prabu Tajimalela. Menurut perbandingan generasi, dalam
kropak 410, Prabu Tajimalela sezaman dengan tokoh Ragamulya (1340 - 1350)
penguasa Kawali dan tokoh Suradewata, Ayah Batara Gunung bitung Majalengka.
Prabu Tajimalela naik tahta menggantikan ayahnya pada mangsa poek taun saka. Menurut cerita rakyat, kepemimpinan Prabu
Tajimalela sangat menaruh perhatian pada bidang pertanian di sepanjang tepian
sungai Cimanuk, peternakan dipusatkan di paniis Cieunteung dan pemeliharaan
ikan di Pengerucuk (Situraja).
Pada
masa kekuasaan pernah terjadi pemberontakan disekitar Gunung Cakrabuana yang
dilakukan oleh Gagak Sangkur. Terjadilah perang sengit antara wadia balad Gagak Sangkur dengan
Prabu Tajimalela dengan kemenangan di pihak Prabu Tajimalela dan Gagak Sangkur
dapat ditaklukan. Gagak Sangkur menyatakan ingin mengabdi kepada Prabu
Tajimalela. Kemudian dilantik menjadi patih. Setelah itu, untuk menyempurnakan
ilmunya Prabu Tajimalela meninggalkan Keraton untuk melakukan tapabrata, untuk
memperoleh petunjuk dan kukatan dari Yang Gaib, yang dikiaskan dalam
ungkapan : Sideku sinuku tunggal
mapat pancadria, diamparan boeh rarang, lelembutan ngajorang alam awang-awang,
ngungsi angkeuhan nu can katimu.
Pada
saat itulah kemudian ia tiba-tiba mengucapkan kata Insun Medal Mandangan yang kemudian menjadi populer dengan
sebutan Sumedang hingga abad 21. Tahta kerajaan Sumedang Larang dari Prabu
Tajimalela dilanjutkan oleh Prabu Gajah Agung, yang berkedudukan di pinggir
kali Cipeles dengan gelar Prabu Pagulingan sehingga daerah tersebut saat ini
dikenal sebagai nama Ciguling termasuk wilayah Kecamatan Sumedang Selatan.
Prabu Pagulingan digantikan oleh putranya dengan gelar Sunan Guling. Ia
berputra bernama Ratnasih alias Nyi Rajamantri diperistri oleh Sribaduga
Maharaja karena itu yang menggantikan Sunan Guling adalah adik Ratu Ratnasih
bernama Mertalaya sebagai penguasa ke empat Sumedang Larang yang juga bergelar
Sunan Guling.
Sunan
Guling digantikan putranya Tirta Kusumah yang dikenal dengan nama Sunan
Patuakan. Kemudian digantikan oleh adiknya Sintawati atau lebih dikenal dengan
Nyi Mas Patuakan. Ratu Sintawati berjodoh dengan Sunan Gorenda, Raja Talaga
putra Ratu Simbar Kecana dari Kusumalaya, putra Dea Biskala. Dengan demikian ia
menjadi cucu menantu penguasa Galuh. Sunan Gorenda mempunyai dua istri :
Mayangsari Langlangbuana dari Kuningan dan Sintawati dari Sumedang. Dari
Sintawati putri sulung Sunan Guling ini, Sunan Gorenda dikaruniai seorang putri
bernama Setyasih, yang kemudian bergelar Ratu Pucuk Umum. Ratu Pucuk Umum
menikah dengan Ki Gedeng Sumedang yang lebih dikenal dengan nama Pangeran
Santri putra Pangeran Palakaran, putra Maulana Abdurahman alias Pangeran
Panjunan. Perkawinan Ratu Setyasih dengan Pangeran Santri inilah agama Islam
mulai menyebar di Sumedang.
Dari
perkawinan dengan Pangeran Santri, Ratu Pucuk Umum atau dikenal dengan nama
Ratu Intan Dewata dikaruniai 6 (enam) orang putra, salah satunya Raden
Angkawijaya, yang kemudian hari bergelar Prabu Guesan Ulun. Pada 14 Syafar Tahun Jim Akhir kerajaan
Padjajaran runtag (runtuh) akibat serangan laskar gabungan Islam Banten,
Pangkungwati dan Angka. Runtuhnya Kerajaan Padjajaran waktu itu tidak lantas
menyeret Sumedang Larang ikut runtuh pula, karena sebagai masyarakat Sumedang
pada waktu itu sudah memeluk Islam. Dengan berakhirnya Kerajaan Sumedang,
justru Sumedang Larang makin berkembang menjadi kerajaan yang berdaulat penuh.
Sebelum
Prabu Siliwangi meninggalkan Padjajaran mengutus empat orang
Kandagalante : Jayaperkosa, Sanghyang Hawu, Terong Peot, dan Nangganan
untuk menyerahkan amanat kepada Prabu Geusan Ulun, yaitu pada dasarnya Kerajaan
Sumedang Larang supaya menjadi penerus Kerajaan Padjajaran Mahkota dan atribut
Kerajaan Padjajaran dibawa oleh Senapati Jayaperkosa dan diserahkan kepada
Prabu Geusan Ulun yang merupakan legalitas kebesaran Kerajaan Sumedang Larang
sebagai penerus Padjajaran.
Prabu
Geusan Ulun yang dinobatkan pada 22 April 1578 adalah Raja Sumedang Larang
terakhir, karena setelah itu Sumedang Larang berada di bawah naungan kerajaan
Mataram. Pangeran Aria Suradiwangsa sebagai penerus Geusan Ulun (putra dari
Ratu Harisbaya dan Panembahan Ratu) pada
tahun 1620 berangkat ke Mataram, untuk menyerahkan Sumedang Larang berada
dibawah naungan Mataram. Berdasarkan Piagam Sultan Agung Mataram, daerah yang
termasuk wilayah Kerajaan Pajajaran yang diwariskan ke kepada Kerajaan Sumedang
Larang disebut Prayangan.
Dengan demikian sejak itulah Sumedang Larang terkenal dengan nama
"Priangan" artinya berserah dengan hati yang suci. Kedudukan penguasa
Sumedang Larang menjadi Bupati Wedana.
Cerita
Tentang Tembong Agung, Kerajaan yang Jadi Nama Waduk Jatigede
Waduk
Jatigede resmi digenangi hari ini, Senin (31/8/2015). Proyek raksasa yang
direncanakan 50 tahun lalu itu, diusulkan diganti namanya menjadi Waduk Tembong
Agung. "Usulan penggantian nama untuk menghormati kerajaan yang pernah
berdiri di sini, kerajaan Tembong Agung," ujar Gubernur Jawa Barat Ahmad
Heryawan saat peresmian penggenangan waduk Jatigede dimulai.
Dari berbagai referensi yang ditelusuri, cikal bakal berdirinya kerajaan Sumedanglarang berawal dari kerajaan Tembong Agung pada abad ke-12. Kerajaan itu didirikan oleh Prabu Guru Aji Putih pada Tahun 900 Masehi, seorang resi dari Kerajaan Galuh. Kerajaan itu berada di salah satu desa yang tergenang yaitu Desa Leuwihideung, Kecamatan Darmaraja. Arti nama kerajaan itu Tampak Luhur.
Dari berbagai referensi yang ditelusuri, cikal bakal berdirinya kerajaan Sumedanglarang berawal dari kerajaan Tembong Agung pada abad ke-12. Kerajaan itu didirikan oleh Prabu Guru Aji Putih pada Tahun 900 Masehi, seorang resi dari Kerajaan Galuh. Kerajaan itu berada di salah satu desa yang tergenang yaitu Desa Leuwihideung, Kecamatan Darmaraja. Arti nama kerajaan itu Tampak Luhur.
Dikisahkan
nama Sumedang muncul saat Prabu Tadjimalela, anak dari Guru Aji Putih yang
meneruskan kekuasaan ayahnya. Ia dianggap sebagai pokok berdirinya Kerajaan
Sumedang Larang. Saat kepemimpinan Prabu Tadjimalela Tembong Agung sempat
diganti menjadi Himbar Buana, yang berarti menerangi alam. Ia kerap bertapa.
Hingga suatu ketika usai bertapa, ia melihat kilatan cahaya selama beberapa
malam, dan Prabu Tadjimalela berucap "Insun medal insul madangan"
yang artinya "aku lahir, aku menerangi". Kata Sumedang diambil dari
kata Insun Madangan yang berubah pengucapannya menjadi Sun Madang yang
selanjutnya menjadi Sumedang. Ada juga yang berpendapat berasal dari kata Insun
Medal yang berubah pengucapannya menjadi Sumedang dan Larang berarti sesuatu
yang tidak ada tandinganya.
Prabu Tadjimalela mempunyai tiga putra yaitu Prabu Lembu Agung, Prabu Gajah Agung, dan Sunan Geusan Ulun. Anak pertama dan keduanya tidak ada yang mau menjadi raja, meneruskan kekuasaannya. Akhirnya sang raja pun memerintahkan kedua anaknya Prabu Lembu Agung dan Prabu Gajah Agung pergi ke Gunung Nurmala, yang saat ini disebut Gunung Sangkanjaya. Hal itu merupakan ujian keduanya. Prabu Lembung Agung dan Prabu Gajah Agung harus menjaga sebilah pedang dan kelapa muda. Siapapun yang kalah, berarti dialah yang akan menjadi raja. Konon dikisahkan, Prabu Gajah Agung tak kuasa menahan dahaga dan akhirnya membelah kelapa muda atau dawegan. Ia diperintahkan memimpin Kerajaan Sumedang Larang, namun mencari lagi ibukota sendiri. Ia memilih Ciguling. Setelah Kerajaan Sumedang Larang diserahkan kepada Prabu Gajah Agung dan Prabu Lembu Agung menjadi resi. Prabu Lembu Agung dan para keturunannya tetap berada di Darmaraja. Sedangkan Sunan Geusan Ulun dan keturunannya tersebar di Limbangan, Karawang, dan Brebes.
Prabu Tadjimalela mempunyai tiga putra yaitu Prabu Lembu Agung, Prabu Gajah Agung, dan Sunan Geusan Ulun. Anak pertama dan keduanya tidak ada yang mau menjadi raja, meneruskan kekuasaannya. Akhirnya sang raja pun memerintahkan kedua anaknya Prabu Lembu Agung dan Prabu Gajah Agung pergi ke Gunung Nurmala, yang saat ini disebut Gunung Sangkanjaya. Hal itu merupakan ujian keduanya. Prabu Lembung Agung dan Prabu Gajah Agung harus menjaga sebilah pedang dan kelapa muda. Siapapun yang kalah, berarti dialah yang akan menjadi raja. Konon dikisahkan, Prabu Gajah Agung tak kuasa menahan dahaga dan akhirnya membelah kelapa muda atau dawegan. Ia diperintahkan memimpin Kerajaan Sumedang Larang, namun mencari lagi ibukota sendiri. Ia memilih Ciguling. Setelah Kerajaan Sumedang Larang diserahkan kepada Prabu Gajah Agung dan Prabu Lembu Agung menjadi resi. Prabu Lembu Agung dan para keturunannya tetap berada di Darmaraja. Sedangkan Sunan Geusan Ulun dan keturunannya tersebar di Limbangan, Karawang, dan Brebes.
Kerajaan Sumedang Larang mencapai puncak kejayaaannya di masa kepemimpinan keturunannya, Pangeran Angkawijaya atau Prabu Geusan Ulun, abad ke-16. Prabu Geusan Ulun merupakan raja terakhir Kerajaan Sumedang Larang, karena selanjutnya menjadi bagian Mataram dan pangkat raja turun menjadi adipati (bupati).
Sumber
: Google Wikipedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar