Jumat, 19 April 2024

KABUPATEN MOROWALI PROVINSI SULAWESI TENGAH

 

KABUPATEN MOROWALI

PROVINSI SULAWESI TENGAH

Orientasi

Kabupaten Morowali adalah sebuah kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi TengahIndonesiaIbu kota kabupaten sekaligus pusat administrasi terletak di Kecamatan Bungku Tengah. Kabupaten ini mempunyai luas sebesar 3.037,00 km² dan berpenduduk sebanyak 170.415 jiwa per tanggal 30 Juni 2022, berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri. Nama "Morowali" berasal dari bahasa suku Wana yang berarti "gemuruh".

Morowali adalah kabupaten terluas ke-10, terpadat ke-9, dan memiliki populasi terbanyak ke-12 di Sulawesi Tengah. Kabupaten Morowali terdiri dari 9 kecamatan, 7 kelurahan dan 126 desa. Morowali berbatasan dengan Morowali Utara di bagian barat laut, Sulawesi Selatan di bagian barat dan barat daya, serta Sulawesi Tenggara di bagian timur laut. Mata pencaharian terbesar penduduk kabupaten ini adalah petani. Secara geografis, Kabupaten Morowali terletak di 01o31 12 - 03o46 48 LS dan antara 121o02 24- 123o15 36 BT.

Sejarah

Kabupaten Morowali merupakan kabupaten yang terbentuk dari hasil pemekaran wilayah Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah berdasarkan Undang-undang RI Nomor 51 Tahun 1999. Kabupaten Morowali merupakan salah satu dari sembilan kabupaten dan satu kota yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah. Sejarah perjuangan untuk melahirkan Kabupaten Morowali sudah lama tumbuh dan menggelora di hati masyarakat.

Aspirasi tersebut terus berkembang yang kemudian sampai pada tingkat lahirnya kemampuan politik dari wakil-wakil rakyat di lembaga DPRD dengan dicetuskannya Resolusi DPRD-GR Provinsi Sulawesi Tengah nomor: 1/DPRD/1966 yang isinya meminta kepada Pemerintah Pusat agar Provinsi Sulawesi Tengah dimekarkan menjadi 11 (sebelas) daerah otonom tingkat II, yaitu 2 (dua) Kotamadya dan 9 Kabupaten, salah satu diantaranya adalah Kabupaten Morowali (waktu itu masih disebut Mori Bungku).

Sejarah perjuangan panjang ini ternyata tak pernah mengenal akhir, sehingga begitu masa reformasi, peralihan orde baru ke masa reformasi saat ini, di mana kebebasan demokrasi lebih digaungkan sebagai konsep pemerintahan, dengan kemudian diterapkannya konsep pemerintahan desentralisasi, yang diwujudkan melalui kebijakan otonomi daerah ditingkat Kabupaten, dimana Kabupaten diberi porsi yang lebih besar lagi untuk mengatur daerahnya sendiri. Maka semakin luaslah potensi bagi terbentuknya daerah Kabupaten baru.

Oleh karena itu moment ini direspon oleh masyarakat seluruh lapisan di daerah Morowali untuk memperjuangkan kembali aspiral lamanya, yakni pembentukan Kabupaten Poso. Dan akhirnya perjuangan dan aspirasi masyarakat daerah ini berhasil, yakni dengan keluarnya kebijakan Pemerintah Pusat untuk membentuk daerah Morowali, berdiri sebagai Kabupaten sendiri, yang diberi nama Kabupaten Morowali, berdasarkan hasil pemikiran dan kesepakatan seluruh lapisan masyarakat.

Keputusan Pemerintah Pusat untuk membentuk Kabupaten Morowali ini kemudian dituangkan ke dalam UU RI Nomor 51 Tahun 1999. Setelah terbentuknya Kabupaten Morowali, langkah selanjutnya mempersiapkan perangkat wakil rakyat di DPRD dan pemilihan Bupati, Saat ini bupati terpilih pertama yang memimpin secara definitif Kabupaten Morowali adalah Andi Muhammad Abubakar dan Datlin Tamalagi sebagai wakil bupati definitif pertama dan Drs. H. Chaerudin Zen sebagai Sekretaris Kabupaten Morowali.

Pemerintahan

Daftar Bupati

Bupati adalah pemimpin tertinggi di lingkungan pemerintah Kabupaten Morowali. Bupati Morowali bertanggungjawab kepada gubernur provinsi Sulawesi Tengah. Saat ini, bupati atau kepala daerah yang menjabat di Morowali ialah Taslim, didampingi wakil bupati Najabudin. Mereka menang pada Pemilihan umum Bupati Morowali 2018. Taslim dan Najabudin dilantik oleh gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, pada tanggal 26 September 2018 di gedung Lembaga Peningkatan Mutu Pendidikan (LPMP) Kota Palu. Mereka akan menjabat untuk periode 2018 - 2023.

Kecamatan

Kabupaten Morowali terdiri dari 9 Kecamatan, 7 Kelurahan dan 126 Desa dengan luas wilayah 3.037,04 km² dan jumlah penduduk sebesar 129.814 jiwa dengan sebaran penduduk 43 jiwa/km².

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kabupaten Morowali, adalah sebagai berikut:

Kode
Kemendagri

Kecamatan

Jumlah
Kelurahan

Jumlah Desa

Status

Daftar
Desa/Kelurahan

72.06.10

Bahodopi


12

Desa

Baho Makmur

Bahodopi

Bete-Bete

Fatufia

Dampala

Keurea

Labota

Lalampu

Le-Le

Makartijaya

Padabahao

Siumbatu

72.06.09

Bumi Raya


13

Desa

Atananga

Bahonsuai

Beringin Jaya

Harapan Jaya

Karaupa

Lambelu

Lasampi

Limbo Makmur

Parilangke

Pebatae

Pebotoa

Samarenda

Umbele

72.06.08

Bungku Barat


10

Desa

Ambunu

Bahoea Reko-Reko

Larobenu

Marga Mulya

Tondo

Topogaro

Uedago

Umpanga

Wata

Wosu

72.06.15

Bungku Pesisir


10

Desa

Buleleng

Lafeu

Laroenai

One Ete

Puungkeu

Tandaoleo

Sambalagi

Tangofa

Torete

Were'a

72.06.06

Bungku Selatan


26

Desa

Bakala

Boelimau

Buajangka

Bungingkela

Buton

Jawi-Jawi

Kaleroang

Keburu

Lalemo

Lamontoli

Lokombulo

Pado-Pado

Paidabale

Paku

Panimbawang

Polewali

Poaro

Po'o

Pulau Dua

Pulau Dua Darat

Pulaubapa

Sainoa

Torete

Umbele

Umbele Lama

Waru-Waru

72.06.05

Bungku Tengah

6

13

Desa

Bahomante

Bahomohoni

Bahomoleo

Bahonto Bungku

Bahoruru

Bente

Ipi

Lanona

Matansala

Puungkoilu

Sakita

Tofuti

Uni Pute

Kelurahan

Bungi

Lamberea

Marsaole

Matano

Mendui

Tofoiso

72.06.18

Bungku Timur


10

Desa

Bahomoahi

Bahomotefe

Geresa

Kolono

Lahuafu

Laroue

Nambo

Oneputeh Jaya

Ululere

Unsongi

72.06.07

Menui Kepulauan

1

23

Desa

Buranga

Dongkalang

Kofalagadi

Masadian

Matano

Matarape

Mbokitta

Morompaitonga

Ngapaea

Padalaa

Padei Darat

Padei Laut

Pulau Tiga

Pulau Tiga

Samarengga

Tafagapi

Tanjung Harapan

Tanjung Tiram

Tanona

Terebino

Torukuno

Ulunipa

Wawongkolono

Kelurahan

Ulunambo

72.06.12

Wita Ponda


9

Desa

Bumi Harapan

Emea

Lantula Jaya

Moahino

Puntari Makmur

Sampeantaba

Solonsa

Solonsa Jaya

Ungkaya


TOTAL

7

126



Pariwisata

1.        Pulau Sombori

2.        Pulau dua laut

3.        Air terjun Veronamata

4.        Goa Allo

5.        Baho pombine

6.        Desa wisata Sakita

7.        Cagar Alam Morowali

8.        Puncak Fafo baho

9.        Puncak Mateantina

10.    Air terjun Bahaounumpa

11.    Pemandian Lalandai

12.    Pulau Labengki

13.    Sungai Luk paneteng

Catatan kaki

^ Data dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Morowali dan Sulawesi Tengah, yang diambil pada tahun 2015.

----- ooooo oOo ooooo -----

Sumber : Google Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KABUPATEN KEPULAUAN SIAU TAGULANDANG BIARO PROVINSI SULAWESI UTARA

  KABUPATEN KEPULAUAN SIAU TAGULANDANG BIARO PROVINSI SULAWESI UTARA Orientasi Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro atau dis...