Minggu, 26 Mei 2019

KHASIAT DAUN CAISIM

DAUN CAISIM

Orientasi
Daun caisim adalah sayuran jenis sawi berwarna hijau namun berbentuk lebih pendek. Daun caisim sering disebut dengan pok coy atau sawi hijau. Daun caisim berbentuk seperti mahkota dengan daun berlapis-lapis dan berwarna kehijauan. Daun caisim biasanya digunakan dalam masakan Asia seperti sup, tumisan mie, dan sebagainya. Daun caisim mudah tumbuh di daerah yang dekat dengan pantai atau pegunungan. Agar daun caisim lebih segar, daun caisim ditanam di daerah bersuhu sejuk. Daun caisim tidak hanya cantik karena berbentuk seperti mahkota, namun juga mempunyai segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Untuk mendapatkan daun caisim ini, Anda bisa mengunjungi swalayan atau pasar tradisional. Daun caisim umumnya dijual dengan keadaan organik.

Fungsi
Daun caisim mengandung vitamin K, vitamin A, asam folat, vitamin E, dan serat yang tinggi. Tak heran daun caisim sangat dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil untuk membantu menyuplai gizi pada janin. Selain itu, daun caisim juga bagus untuk membantu regenerasi kulit. Kandungan vitamin A yang cukup tinggi membuat daun caisim baik untuk kesehatan mata. Daun caisim juga bagus dikonsumsi rutin dalam program diet penurunan berat badan.

Daun caisim dalam bidang kuliner terkenal sebagai sawi bakso. Daun caisim memang umumnya dicampurkan dalam hidangan bakso. Selain itu, daun caisim juga lezat diolah menjadi campuran sup. Daun caisim tidak hanya enak dimakan. Bentuknya yang unik membuat sayur ini digunakan untuk hiasan dalam beberapa hidangan seperti tumisan, cah, dan sebagainya.

Cara Mengolah
Daun caisim hendaknya selalu disimpan dalam keadaan segar dan segera diolah. Daun caisim bisa digunakan untuk sup dengan cara memisahkan daun dari tangkainya dan memotong-motong sesuai selera. Daun caisim juga bisa dikonsumsi mentah atau dalam keadaan rebusan sebagai lalapan. Rasa daun caisim yang tidak terlalu pahit sesuai untuk dijadikan lalapan. Daun caisim juga bisa dibuat hiasan dengan menjadikannya alas di atas piring dan menyiramkan masakan yang telah matang di atasnya. Daun caisim tak hanya cantik namun lezat dan kaya manfaat.

KHASIAT CAISIM (SAWI HIJAU) 
Disebut juga sawi hijau, choisum, tsai sin, dengan Nama latin Brassica campestris, dari famili Cruciterae. Nama asingnya you cai (Cina), bird rape, Chinese cabbage, wild turnip, rape seed (Inggris).

Caisim merupakan tanaman semusim berasal dari China. Bisa tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi, namun tumbuh lebih baik di udara yang sejuk. Dengan suhu dibawah 15 derajat celcius, tanaman akan berbunga, sebaliknya, diatas suhu 26 derajat celcius tanaman tidak akan berbunga. Sering ditanam sebagai sayuran dengan media tanah yang gembur, cukup air dan sinar matahari. Daunnya bulat telur, rasanya agak pahit. Bunganya majemuk membentuk tandan dengan tangkai panjang, kecil-kecil warna kuning. Buahnya seperti lobak dengan biji kecil-kecil bulat.

Pembiakannya dengan biji.
Tersedia di :Pasar tradisional, pasar swalayan. Bagian yang digunakan sebagai obat adalah biji, daun dan tangkainya, akar.
Khasiat caisim :Sebagai obat batuk, disentri, muntah darah, demam, haid tidak teratur, keputihan, sering buang air kecil, melancarkan darah beku, dan memperbaiki fungsi ginjal, mengobati bisul.

Resep sederhana :
Bisul : Daun dilumatkan atau direbus, airnya untuk mencuci bagian yang sakit.
Batuk kering, radang tenggorokan : Akar segar di kunyah.
Keputihan : 1 sdt biji caisim digiling halus, diseduh dengan 80 ml air panas, tambahkan 1 sdm madu, diminum sehari 2-3 kali.
Disentri berdarah : Daun secukupnya digiling halus dan diperas. Air perasan dan madu (perbandingan 2:1) diaduk, dipanaskan sebentar, lalu diminum.

Sawi memiliki banyak nutrisi sehat yang bermanfaat untuk kesehatan Anda. Hal ini didukung kutipan dari www.stylecraze.com yang menyatakan bahwa paling tidak ada 5 manfaat sawi, antara lain adalah

1. Sumber vitamin dan mineral
Sawi merupakan sayur kaya vitamin A, C, dan K yang penting menjaga fungsi tubuh. Vitamin C dan A adalah antioksidan alami yang kuat melindungi tubuh dari radikal bebas, memperkuat imunitas dan menjaga kesehatan penglihatan. Vitamin K sendiri berfungsi menjaga kepadatan tulang dan bahkan mampu mencegah kerusakan syaraf otak. Sawi juga merupakan sumber zat besi, magnesium, kalsium, seng, kalium, selenium, mangan, folat, protein, dan serat makanan yang baik untuk pencernaan dan penurunan kolesterol. Asam folat sangat baik dalam sintesis DNA, mencegah cacat janin dan menjaga perkembangan janin sehat.

2. Kaya antioksidan
Sawi merupakan sumber fitonutrien atau tanaman yang dihasilkan nutrisi serta antioksidan. Selain vitamin C dan A, juga memiliki asam hydroxycinnamic, isothamnetin, quercetin, dan kaempferol yang merupakan fitonutrien antioksidan kunci yang dibawa sawi. Fitonutrien tinggi dalam sawi bergizi untuk mengurangi stres oksidatif pada sel-sel dalam tubuh, dan bahkan membantu mencegah kanker payudara, usus besar, kandung kemih, prostat, ovarium, dan paru-paru. Itulah mengapa tubuh butuh banyak antioksidan.

3. Membantu detoks tubuh
Sawi yang kaya serat akan sekaligus menjadi agen detoks yang sangat baik di dalam usus. Selain itu, sawi juga mengandung sulfur dan antioksidan sehingga sangat baik dalam detoksifikasi tubuh. Karena sawi kaya akan klorofil, ini juga sangat baik dalam menyerap karbon dioksida yang akan mengeluarkan limbah dari dalam tubuh.

4. Mencegah kanker
Sawi juga merupakan sayur anti-karsinogenik yang mengandung glucosinolate, yang kemudian dikonversi ke isothiocyanate yang memiliki sifat pencegahan kanker. Selain itu, kandungan antioksidan, vitamin dan mineral sawi juga sangat tinggi sehingga sangat baik menurunkan risiko terserang kanker.

5. Bersifat anti-inflamasi
Sawi juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah peradangan kronis serta mengurangi risiko penyakit arthritis dan bengkak-bengkak lainnya. Ini karena sawi memiliki kandungan vitamin K dan asam lemak omega-3 yang memperkuat sistem imun tubuh. Selain itu juga mengandung isothiocyanate yang berfungsi mencegah peradangan dan mengurangi risiko stroke.
Jadi, jika Anda bingung mau masak apa untuk menu hari ini, maka jangan ragu untuk memilih sayur super sehat bernama sawi, Ladies.

Caisim merupakan sayuran berdaun yang termasuk dalam keluarga sawi hijau, kale dan juga kol yang seringkali diolah sebagai sayuran dengan citarasa nikmat dan renyah. Caisim dianggap sebagai salah satu makanan super karena memiliki kandungan gizi tinggi seperti serat, mineral, vitamin dan juga fitonutrien serta manfaat antioksidan yang sangat kuat untuk melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit. Dengan begitu banyak kandungan nutrisi dalam tanaman ini, maka juga ada begitu banyak manfaat daun caisim untuk kesehatan dan beberapa diantaranya akan kami ulas dalam kesempatan kali ini.

Sumber Antioksidan
Sel radikal bebas bisa mengakibatkan kerusakan serius pada DNA sel tubuh. Stres oksidatif yang terjadi karena radikal bebas ini nantinya akan merusak fungsi dan juga jaringan vital pada tubuh yang nantinya bisa menyebabkan kanker dan diabetes. Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam caisim memiliki manfaat antioksidan untuk tubuh. Glutathione merupakan antioksidan yang diinduksi oleh glucosinolates dalam sayuran hijau seperti caisim yang nantinya akan berfungsi sebagai sumber antioksidan kuat untuk mencegah stres oksidatif dalam tubuh.

Detoksifikasi
Dalam tubuh manusia terdapat banyak racun yang semakin menumpuk dari waktu ke waktu yang berasal dari makanan atau karena radikal bebas. Membersihkan tubuh menjadi sangat penting untuk menjaga kesehatan organ hati dan juga pencernaan. Caisim memiliki manfaat detoksifikasi alami karena mengandung antioksidan yang akan mengeluarkan racun dari tubuh lewat tinja. Turunan klorofil yang terkandung dalam caisim ini juga akan membantu untuk menetralisir logam berat dan juga bahan kimia yang terdapat di dalam tubuh.

Mengontrol Kolesterol
Kadar kolesterol tinggi bertanggung jawab terhadap banyak penyakit jantung, penyebab diabetes dan juga berbagai kerusakan organ vital dalam tubuh. Kolesterol jahat yang terakumulasi dalam pembuluh darah dan juga arteri akan mempersempit ruang darah menuju dan dari jantung. Sedangkan kolesterol baik tetap dibutuhkan untuk tubuh. Caisim ini sangat baik dikonsumsi karena bisa membantu tubuh dalam proses pengikatan empedu dengan efektif yang nantinya juga membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Sumber Serat
Serat sangat penting untuk menjaga tubuh agar selalu bergerak dan memberikan momentum untuk mengubah makanan menjadi sumber energi. Serat makanan yang terkandung dalam daun caisim ini akan menghambat penyerapan kolesterol dalam usus sehingga menjadi solusi kanker usus, wasir dan juga konstipasi. Selain itu, mengkonsumsi caisim dengan teratur juga akan menurunkan risiko hipertensi dan juga penyakit jantung karena serta caisim bisa membersihkan arteri.

Sumber Fitokimia
Sayuran berdaun hijau seperti caisim adalah sumber phytonutrisi yang sangat penting untuk tubuh manusia. Caisim akan melindungi tubuh dari berbagai penyakit sebab glukosinolat dan juga fenol yang berlimpah dalam caisim ini akan memperkuat tubuh dari dalam.

Meningkatkan Kekebalan
Dalam daun caisim juga mengandung vitamin C kuat yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dalam caisim akan bertindak sebagai vasilidator dan juga antioksidan sehingga bisa mencegah kerusakan sel dalam tubuh, memperkuat tubuh sekaligus mencegah berbagai penyakit seperti kanker dan berbagai serangan virus.

Sayur sawi banyak sekali manfaatnya untuk tubuh.
Kalau dimasak bobor bisa juga dicampur/ditambahi daun ketela apalagi sayur sawi biasanya untuk bahan campuran seperti bakso, mie ayam, nasi goreng dan berbagai jenis olahan makanan lainnya pada umumnya seseorang  lebih memilih sawi hijau ketimbang berbagai jenis sayuran laini ni karena sawi memilki rasa khas enak yang tetap nikmat kalau dicampur dengan berbagai macam makanan. Selain itu, bagi yang menyukai sawi terdapat banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh dari manfaat kandungan gizinya.
Berikut ini beberapa manfaat sawi untuk kesehatan tubuh:

1. Menyehatkan Tulang
Asupan rendah vitamin K dapat mencegah resiko patah tulang lebih sedikit daripada yang tidak mengkonsumsi sawi hijau karena mengkonsumsi vitamin K adalah hal penting untuk kesehatan yang baik, karena bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium. Satu cangkir rebus sawi hijau memberikan 770 mikrogram vitamin K itu lebih dari 100% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

2. Mencegah Kanker
Sejak tahun 1980-an, menjaga asupan tinggi sayuran secara konsisten dapat dikaitkan dengan risiko lebih rendah menderita kolorektal dan kanker paru-paru. Sayuran ini memiliki senyawa yang mengandung sulfur yang dikenal sebagai glucosinolates, yang telah dipelajari memiliki kemampuan untuk menghambat proses kanker pada tahap perkembangan yang berbeda untuk kanker paru-paru, kolorektal, payudara, dan prostat.

Studi awal baru telah menemukan bahwa glucosinolates mungkin juga efektif terhadap melanoma, kanker kerongkongan, dan kanker pankreas. Sawi hijau dan sayuran hijau lain yang mengandung klorofil dalam jumlah yang tinggi, dan telah terbukti efektif memblokir efek karsinogenik amina heterosiklik, yang dihasilkan saat memanggang makanan. Jika cenderung menyukai makanan yang dipanggang sampai gosong, pastikan untuk memasangkan sayuran hijau untuk membantu meniadakan efek ini.

3. Baik Untuk Diabetes
Satu cangkir rebus sawi hijau menyediakan sekitar 8 gram serat. The Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan 21-25 g / hari untuk wanita dan 30-38 g / hari untuk pria.
Sawi hijau juga mengandung manfaat antioksidan yang dikenal sebagai alpha-lipoic acid, yang telah terbukti membuat kadar glukosa yang lebih rendah, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah oksidatif stres yang disebabkan perubahan pada pasien dengan diabetes. Studi asam alpha-lipoic juga menunjukkan penurunan neuropati perifer dan neuropati otonom di diabetes. Sawi hijau memiliki kandungan serat yang tinggi dan kadar air yang tinggi, membantu mencegah sembelit,memperlancar buang air besar dan mempertahankan saluran pencernaan yang sehat.

4. Menyehatkan Rambut dan Kulit
Sawi hijau juga bagus untuk kulit karena banyak terkandung manfaat vitamin A , nutrisi yang diperlukan untuk produksi sebum yang membuat rambut lembab. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Asupan manfaat vitamin C (satu cangkir rebus sawi hijau menyediakan lebih dari 50% dari kebutuhan harian) yang dibutuhkan untuk membangun dan memelihara kolagen dan memberikan struktur pada kulit dan rambut.
Kekurangan zat besi merupakan penyebab umum masalah pada rambut, namun hal ini dapat dicegah dengan asupan makanan yang mengandung zat besi seperti hijau hijauan.
Kurang mendapatkan asupan zat besi yang  cukup dalam makanan, juga dapat mempengaruhi beberapa efisien tubuh Sawi hijau merupakan sumber zat besi yang besar, seperti yang terdapat pada manfaat bayam , manfaat ikan tuna dan telur.

5. Membantu Tidur dan Menjaga suasana Hati
Kandungan kolin dalam sawi hijau merupakan nutrisi penting untuk membantu tidur, gerakan otot, belajar dan memori. Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, membantu dalam transmisi impuls saraf, membantu dalam penyerapan lemak dan mengurangi inflamasi. Folat juga ditemukan dalam kolin, yang dapat membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan didalam tubuh. Kelebihan homosistein, akan mengganggu produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine yang mengatur suasana hati juga dapat membantu supaya bisa tidur nyenyak dan juga bisa membantu menambah nafsu makan.

Rincian Gizi Sawi Hijau

Satu cangkir rebus sawi hijau mengandung:
=) 63 kalori
=) 5 gram protein
=) 1 gram lemak
=) 11 gram karbohidrat (termasuk 8 gram serat dan 1 gram gula)
=) lebih dari 250% dari kebutuhan harian untuk vitamin A
=) lebih dari 50 % dari kebutuhan harian untuk vitamin C
=) 26% dari kebutuhan kalsium
=) 12% zat besi
=) 10% dari kedua vitamin B-6 dan magnesium.
Selain itu, sawi hijau merupakan sumber yang sangat kaya vitamin K dan juga mengandung
*folat
*thiamin
*niacin
*asam pantotena
*choline
*fosfor
*kalium.
Dengan kandungan gizi yang sangat berlimpah, sawi hijau juga sangat baik untuk berbagai masalah kesehatan hingga mendukung cara hidup sehat alami.

Berikut beberapa manfaat sawi antara lain:

*Sebagai sumber antioksidan
*Dapat menyehatkan pencernaan
*Dapat melancarkan BAB
*Manfaat serat sangat bagus untuk kesehatan usus
*Dapat mencegah kanker usus
*Dapat mencegah berbagai penyakit akibat kekurangan serat
*Dapat membuat tubuh menjadi sehat dan bugar
*Sangat cocok sekali dikonsumsi penderita hipertensi
*Dapat menurunkan kolesterol
*Dapat menjaga stamina
*Dapat mengencangkan kulit agar terlihat awet muda
*Bisa untuk sumber vitamin dan mineral

Berikut efek Samping Sawi hijau

Sayuran sawi mungkin berisi goitrogens yang dapat menyebabkan pembengkakan pada kelenjar tiroid. Oleh karena itu, makan sayur mentah harus dihindari pada individu dengan masalah disfungsi tiroid. Namun, dapat digunakan secara bebas bagi orang yang sehat. Sawi juga harus dikonsumsi dengan hati-hati bagi orang-orang yang menderita batu ginjal oksalat. Setiap 100 g sawi hijau mentah menyediakan lebih dari 500 mg vitamin K, yakni di atas nilai harian yang direkomendasikan. Oleh karena itu, harus dikonsumsi secara tidak berlebihan pada orang yang memakai antikoagulan seperti warfarin.

Sejumlah manfaat sawi hijau tersebut, membuatnya banyak dikonsumsi di negeri sendiri. Selain sebagai salah satu sumber makanan sehat, harganya cukup terjangkau. Sawi merupakan tanaman yang tumbuh didaerah dingin dan lembab. Meskipun sawi tanaman yang dapat tumbuh di musim tertentu, namun karena budidaya yang luas di Indonesia, sayur sawi dapat dicari kapanpun dadimanapun. Sawi banyak jenisnya, yang terkenal di Indonesia adalah sawi hijau.

Sekian dulu ya guys semoga bisa untuk pencerahan bersama untuk selalu terjaga kesehatan kita dan Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.... Amin

Sumber : Google Wikipedia

2 komentar:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus
  2. numpang promote ya min ^^
    bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN PROVINSI SULAWESI TENGAH

  KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN PROVINSI SULAWESI TENGAH Orientasi Kabupaten Banggai Kepulauan adalah salah satu kabupaten yang ter...