Senin, 27 Mei 2019

KHASIAT KEMBANG KOL

KEMBANG KOL
Orientasi
Kembang kol atau bunga kol merupakan tumbuhan yang termasuk dalam kelompok botrytis dari jenis Brassica oleracea (suku Brassicaceae). Sebagai sayuran, tumbuhan ini lazim dikenal sebagai kubis bunga yang merupakan terjemahan harafiah dari bahasa Belanda bloemkool. Kata blumbol juga dikenal secara lazim.

Kubis bunga berbentuk mirip dengan brokoli. Perbedannya, kubis bunga memiliki kepala bunga yang banyak dan teratur dengan padat. Hanya "kepala" kembang kol yang lazim dimakan (dalam literatur berbahasa Inggris disebut white curd). Pada dasar kepala tersebut terdapat daun-daun hijau yang tebal dan tersusun rapat. Kubis bunga juga mirip dengan kubis romanesco.

Kembang kol merupakan sumber vitamin dan mineral dan lazimnya dimakan dengan dimasak terlebih dahulu, meskipun dapat pula dimakan mentah maupun dijadikan acar. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), secangkir kembang kol mentah dapat memasok 77% vitamin C dari "Acuan Konsumsi Makanan" (Dietary Reference Intake) bagi orang dewasa.           

Kembang kol juga merupakan sumber penting
 proteintiaminriboflavinniasinkalsiumbesimagnesiumfosfor, dan zink, serta sangat baik sebagai sumber serat makananvitamin B6asam folatasam pantotenat, dan kalium. Sayur ini mengandung sedikit lemak jenuh, dan sangat sedikit kolesterol (kurang dari 1 g per kg). Sebagaimana kubis-kubisan yang lain, kembang kol mengandung zat antigizi pula (goiterogen, "pembangkit kembung") sehingga perlu dipertimbangkan pembatasan konsumsinya. Kubis bunga merupakan tumbuhan semusim dengan daur hidup berlangsung minimal empat bulan dan maksimal setahun, tergantung tipenya, tipe summer/spring atau tipe winter (lihat vernalisasi).

Manfaat Daun Kembang Kol
Mulai sekarang, Anda harus mempertimbangkan untuk tidak membuang daun pembungkus kembang kol, karena daun kembang kol tersebut menyimpan manfaat sehat untuk tubuh.
Belum percaya? Agar Anda lebih yakin, berikut ini merupakan empat manfaat sehat yang disajikan oleh daun kembang kol, seperti yang dilansir melalui thehealthsite.

1. Kalsium tinggi
Salah satu alasan Anda harus mengonsumsi daun kembang kol hari ini adalah kandungan kalsium yang tinggi di dalamnya. Sekitar 100 gram daun kembang kol menyajikan 600 miligram kalsium.

2. Zat besi
Tak hanya kalsium, daun kembang kol juga menyediakan asupan zat besi yang cukup. Sekitar 50 gram daun kembang kol menyajikan 20 miligram zat besi. Ini adalah jumlah yang terbilang lebih dari cukup untuk kebutuhan harian tubuh akan zat besi perhari.

3. Protein
Mungkin Anda tak menyangka jika daun kembang kol menyimpan kandungan protein dan asam amino. Pasalnya, sekitar 100 gram daun kembang kol mengandung 20 gram protein.

4. Vitamin C
Tak menyangka. bukan? Daun kembang kol yang tampil tidak meyakinkan ini ternyata menyimpan kandungan vitamin C. Sekitar 70 gram daun kembang kol menyimpan jumlah vitamin C yang dianjurkan untuk tubuh.

Nah, jadi sekarang Anda sudah punya alasan yang jelas untuk menjadikan daun kembang kol sebagai salah satu daftar menu sehat Anda, kan? jadi, mulai sekarang jangan buang sayuran sehat ini, ya!

4 Alasan untuk mengonsumsi daun kembang kol hari ini
Bisa dipastikan, setiap kali kamu membeli kembang kol, tentu kamu akan membuang daun yang melindunginya, kan? Mulai sekarang, kamu harus mempertimbangkannya kembali, karena daun kembang kol tersebut menyimpan manfaat sehat buat tubuhmu.

Belum percaya? Agar kamu lebih yakin, berikut ini merupakan empat manfaat sehat yang disajikan oleh daun kembang kol, seperti yang dilansir melalui thehealthsite.

1. Kalsium tinggi
Salah satu alasan kamu harus mengonsumsi daun kembang kol hari ini adalah kandungan kalsium yang tinggi di dalamnya. Sekitar 100 gram daun kembang kol menyajikan 600 miligram kalsium.
2. Zat besi
Tak hanya kalsium, daun kembang kol juga menyediakan kamu asupan zat besi yang cukup. Sekitar 50 gram daun kembang kol menyajikan 20 miligram zat besi. Ini adalah jumlah yang terbilang lebih dari cukup untuk kebutuhan harian tubuh akan zat besi perhari.
3. Protein
Mungkin kamu tak menyangka jika daun kembang kol menyimpan kandungan protein dan asam amino. Pasalnya, sekitar 100 gram daun kembang kol mengandung 20 gram protein.
4. Vitamin C
Tak menyangka. bukan? Daun kembang kol yang tampil tidak meyakinkan ini ternyata menyimpan kandungan vitamin C. Sekitar 70 gram daun kembang kol menyimpan jumlah vitamin C yang dianjurkan untuk tubuh.

Nah, jadi sekarang kamu sudah punya alasan yang jelas untuk menjadikan daun kembang kol sebagai salah satu daftar menu sehatmu, kan? jadi, mulai sekarang jangan buang sayuran sehat ini, ya!

Brokoli Vs Kembang Kol, Serupa Tapi Tak Sama
Layaknya anak kembarpun, serupa tapi tak sama. Seperti brokoli dan kembang kol. Ada yang pernah ketuker nggak sih antara Brokoli dan Kembang Kol? Simak perbedaan brokoli dan kembang kol berikut ini.

Brokoli (Brassica oleracea var italica) dan kembang kol (Brassica Oleracea var botrytis) merupakan tanaman sayur-mayur yang tergolong dalam suku kubis-kubisan (Brassicaceae). Bagian yang dikonsumsi dari kedua tanaman ini adalah kepala bunganya.

Bentuk bunga brokoli dan bunga kembang kol tersusun rapat menyerupai cabang pohon yang ditopang tangkai bunga yang cukup tebal. Sebagian besar bagian kepala bunga tersebut diselimuti oleh dedaunan tanaman. Menariknya dari warna bunga brokoli dan kembang kol tidaklah sama. Brokoli berwarna hijau, kembang kol berwarna putih.

Brokoli dan kembang kol merupakan sayuran yang biasa diolah menjadi makanan melalui proses perebusan, penggorengan dan pengukusan. Beberapa orang ada juga yang mengonsumsi sebagai lalapan atau minum jus. Diantara berbagai teknik pengolahan tersebut, pematangan brokoli dan kembang kol yang paling bagus adalah dikukus terlebih dahulu.
Brokoli (Brassica Oleracea Var. Italica)
Brokoli merupakan tanaman yang termasuk ke dalam family Brassicaceae. Tanaman ini diklaim berasal dari kawasan Laut Tengah. Sejarah mencatat tumbuhan brokoli sudah dibudidayakan sejak zaman Yunani Kuno. Brokoli mulai diperkeenalkan ke Indonesia tahun 1970-an. Bagian yang dimakan dari saayuran ini yakni kepala bunganya yang berwarna hijau.

Kembang Kol (Brassica Oleracea Var. Botrytis)
Kembang kol juga termasuk anggota dari famili Brassicaceae. Dari bentuk, kembang kol pun mempunyai postur mirip seperti brokoli. Namun dibanding dengan brokoli, pamor kembang kol di Indonesia lebih dahulu terkenal dan lebih banyak dikonsumsi. Dari segi warna, kembang kol juga mempunyai warna yang berbeda dari si brokoli yakni keputih-putihan.

Bagaimana bentuk akar,batang, dan daun kol

Kembang Kol atau Kubis Bunga merupakan tanaman sayuran jenis Brassica oleracea, suku Brassicaceae  termasuk dalam kelompok botrytis.

Klasifikasi botani tanaman kol/kubis bunga adalah sebagai berikut :

Divisi      : Spermatophyta
Sub divisi  : Angiospermae
Kelas      : Dicotyledonae
Keluarga  : Cruciferae
Genus    : Brassica
Spesies    : Brassica oleracea var. botrytis L
Sub var   : cauliflora DC

Ciri-ciri Tanaman kol :
Akar
Tanaman memiliki akar tunggang dan akar serabut. 
Akar tunggang tumbuh ke pusat bumi (ke arah dalam), sedangkan akar serabut tumbuh kearah samping (horizontal), menyebar dan dangkal (20 cm-30 cm). 

Batang
Batang tanaman kol bunga tumbuh tegak dan pendek (± 30 cm). Batang tersebut berwarna hijau, tebal dan lunak namun cukp kuat. Batang tanaman tidak bercabang, batang tanaman tersebut halus tidak berambut, dan tidak begitu tampak jelas karena tertutup oleh daun-daun.

Daun
Daun kol bunga berbentuk bulat telur (oval) dengan bagian tepi daun bergeri, agak panjang seperti daun tembakau dan membentuk celah-celah yang menyirip agak melengkung kedalam. Daun tersebut berwarna hijau dan tumbuh berselang seling pada batang tanaman. 

Bunga
Bunga tanaman kol tersusun dari kuntum-kuntum bunga yang berjumlah dari 5.000 kuntum bunga yang bersatu membentuk bulatan yang tebal serta padat (kompak). 

Manfaat Kembang Kol Ternyata Tidak Sepucat Warnanya
Meski tidak memiliki warna yang segar dan menarik seperti jenis sayuran lainnya, manfaat kembang kol sangat banyak. Sayuran berwarna pucat ini kaya akan vitamin dan mineral serta manfaat yang bisa menyehatkan tubuh Anda.
Kembang kol memiliki kandungan antioksidan, serat, kalium, isothiocyanate (termasuk senyawa sulfur) dan asam folat yang cukup tinggi. Kandungan ini yang dapat membantu mencegah beragam penyakit, serta memperbaiki dan membantu pertumbuhan jaringan tubuh.

Beragam Manfaat Kembang Kol
Selain berbagai kandungan nutrisi dan manfaat di atas, kembang kol masih memiliki deretan manfaat lainnya yang bisa membuat Anda ingin segera menyantapnya, seperti :

Menurunkan berat badan
Jika ingin memiliki tubuh ramping atau memiliki berat badan sehat, kembang kol bisa menjadi solusinya. Dengan kandungan serat yang cukup tinggi, kembang kol merupakan pilihan asupan yang tepat dalam diet Anda.

Menurunkan risiko kanker
Tidak hanya brokoli yang bisa membantu Anda dalam menurunkan risiko kanker, kembang kol juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari kanker. Kembang kol mengandung fitonutrien, antioksidan, sulforaphane, dan indole-3-cardinolyang bisa membantu menurunkan risiko kanker.

Meningkatkan kekuatan tulang
Di dalam 100 gram kembang kol, setidaknya terdapat sekitar 15% kandungan vitamin K. Kandungan vitamin K tersebut dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Vitamin K dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan kepadatan tulang, sehingga diharapkan dapat menurunkan risiko osteoporosis dan patah tulang.

Meningkatkan kesehatan pencernaan
Kembang kol tidak hanya kaya akan serat, tapi sayuran ini juga mengandung air. Kedua kandungan ini dikenal baik untuk mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Selain yang sudah disebutkan di atas, manfaat kembang kol lainnya yaitu membantu meningkatkan daya ingat, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Cara Menyajikan Kembang Kol
Kini Anda sudah tahu ragam manfaat kembang kol, bukan? Yuk, ambil manfaat kembang kol dengan menikmatinya dalam beragam olahan. Salah satunya adalah olahan tumis kembang kol di bawah ini, yang bisa Anda dan keluarga nikmati bersama.
Bahan-bahan:
1 kembang kol besar
1 buah jeruk lemon, peras
2 sendok makan (sdm) minyak zaitun
Bawang merah, secukupnya
Daun bawang, secukupnya, iris tipis
1 sdm air putih
¼ sendok teh (sdt) garam
¼ sdt lada

Cara membuat:
Pertama, potong-potong kembang kol kemudian kukus sekitar 4 menit. Sisihkan.
Panaskan minyak zaitun di penggorengan, lalu tumis bawang merah dan daun bawang bersama garam dan perasan jeruk lemon sampai harum.
Masukkan potongan kembang kol, lalu tambahkan air, garam, dan lada segar secukupnya ke dalam penggorengan. Tumis sampai matang dalam suhu sedang.
Angkat dan siap disajikan.

Kembang kol terbukti mengandung banyak nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Di samping itu, kembang kol juga mudah dimasak sebagai sajian sehat. Jadi tidak ada alasan untuk tidak memasukkan kembang kol ke dalam daftar menu sehat Anda sehari-hari.

Sumber : Googel Wikipedia

2 komentar:


  1. ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus
  2. numpang promote ya min ^^
    bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN PROVINSI SULAWESI TENGAH

  KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN PROVINSI SULAWESI TENGAH Orientasi Kabupaten Banggai Kepulauan adalah salah satu kabupaten yang ter...